gtrees.net

4 Minuman yang Sebaiknya Tak Dikonsumsi saat Perut Kosong, Nomor 1 Paling Sering

5 Tips Kurangi Rasa Gelisah dan Cemas Efek Minum Kopi
Foto: Ilustrasi iStock

Daftar Isi
  • 1. Kopi
  • 2. Teh
  • 3. Minuman Manis
  • 4. Minuman Bersoda
Jakarta -

Asupan nutrisi yang diperoleh di pagi hari sangat menentukan kesehatan dan kebugaran tubuh sepanjang hari. Tidak hanya makanan saja yang perlu diperhatikan, tapi juga minuman yang dikonsumsi.

Sebab, beberapa minuman yang sebenarnya aman dikonsumsi sehari-hari, dapat memberikan efek negatif pada tubuh jika dikonsumsi dalam keadaan tertentu. Misalnya, ketika perut kosong setelah bangun pagi.

Mengonsumsi minuman-minuman tersebut juga dapat memperparah kondisi tertentu, seperti gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau gula darah tinggi. Lantas, apa saja minuman yang sebaiknya dihindari setelah bangun tidur? Dikutip dari NDTV, berikut pembahasannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Kopi

Kopi bisa dibilang sebagai minuman sejuta umat. Bagi sebagian orang, menyeruput secangkir kopi di pagi hari adalah suatu 'ritual' yang harus dilakukan.

Kendati demikian, kopi tidak baik dikonsumsi sesaat setelah bangun tidur. Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh. Hormon ini mengatur tingkat stres serta kemampuan untuk fokus.

Saat bangun pagi, jumlah kortisol dalam tubuh berada pada puncaknya. Karenanya, minum kopi sesaat setelah bangun dapat membuat kadar kortisol berada di atas normal, dan memicu gejala seperti cemas dan gemetar. Sebaiknya, konsumsi kopi sekitar pukul 09.00-11.00 saat jumlah kortisol dalam tubuh mulai menurun.

2. Teh

Seperti halnya kopi, teh juga mengandung kafein yang dapat berpengaruh terhadap kortisol. Karenanya, minuman ini sebaiknya tidak dikonsumsi segera setelah bangun tidur.

Selain itu, minum teh saat perut kosong juga bisa meningkatkan produksi asam di lambung dan menyebabkan masalah pencernaan.

3. Minuman Manis

Suka minum minuman manis setelah bangun pagi? Sebaiknya hentikan kebiasaan itu sekarang.

Mengonsumsi minuman yang tinggi gula saat perut kosong dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cukup tinggi. Hal ini meningkatkan risiko obesitas hingga diabetes tipe 2.

4. Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau berkarbonasi dapat memberikan dampak buruk bagi tubuh, apalagi jika dikonsumsi di pagi hari saat perut kosong. Sebab, minuman ini bisa memicu gangguan pencernaan, mual, hingga heartburn.

Keseringan mengonsumsi minuman bersoda juga dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit kronis. Karena itu, sebaiknya konsumsi minuman yang lebih menyehatkan baik itu di pagi maupun sepanjang hari.



Anjuran Kopi dan Teh Tak Dikonsumsi saat Sahur

Anjuran Kopi dan Teh Tak Dikonsumsi saat Sahur


(ath/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat