gtrees.net

Masih Bekerja di Usia 102 Tahun, Nenek Ini Bagikan Tips Hidup Bahagia-Panjang Umur

lustrasi ulang tahun
Ilustrasi panjang umur (Foto: iStock)

Jakarta -

Seorang centenarian Amerika Serikat mengungkapkan rahasia untuk hidup lebih lama dan bahagia.

Deborah Szekely, 102, sampai saat ini masih mengelola tempat kebugaran dan spa yang ia bangun sejak 80 tahun lalu bersama suaminya, bahkan tetap bekerja tiga hari dalam seminggu.

Dia berjalan setiap hari, menjalankan pola makan pescatarian, dan menghargai persahabatannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Hidup saya sehat, dan terstruktur untuk menjadi sehat," kata Szekely kepada CNBC Make It. "Anda tidak harus menjadi 102, seperti, 'Oh, baiklah, saya akan membuat pengecualian di sini, pengecualian di sana.' Saya menikmati hidup sehat saya."

Deborah mengungkapkan salah satu rahasia agar panjang umur dan bahagia adalah olahraga.

"Jenis latihan spesifik tidak menjadi masalah; yang penting adalah Anda cukup memaksakan diri untuk merasakannya, meningkatkan detak jantung, dan mengeluarkan keringat. Jika Anda menjadi sangat bengkak, Anda melakukan pekerjaan dengan baik," kata Szekely kepada Barrons, dikutip dari NY Post.

baca juga

Selain berolahraga, Deborah juga mengonsumsi makanan sehat. Ia telah menjadi pescatarian sejak kecil dan mencoba yang terbaik untuk makan 'sesegar mungkin', bahkan menanam sebagian besar makanannya sendiri. Meski begitu, Deborah mengaku sesekali mengonsumsi makanan seperti es krim kopi.

Wanita berusia seratus tahun ini juga melakukan yang terbaik untuk tetap bersikap positif meski memiliki banyak masalah, bahkan tak pernah mengungkit-ngungkit masa lalunya. Menurutnya aktivitas seperti itu hanya membuang-buang waktunya.

"Dunia mempunyai banyak masalah, dan Anda tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengatasinya. Saat Anda khawatir, Anda menambah masalah. Dengan tidak khawatir, Anda mengurangi masalah," kata Szekely kepada Women's World.

"Itu hanya membuang-buang waktu. Anda tidak bisa berbuat apa-apa - sudah selesai," katanya kepada CNBC.

Deborah adalah bagian dari sekelompok orang yang hidup di atas usia 100 tahun. Hanya 0,27 persen orang Amerika yang berusia 100 tahun atau lebih pada tahun 2021, namun tingkat orang Amerika yang berusia seratus tahun meningkat hampir dua kali lipat dalam 20 tahun terakhir, menurut data dari PBB.



Rahasia Panjang Umur Ratu Elizabeth II Hingga 96 Tahun

Rahasia Panjang Umur Ratu Elizabeth II Hingga 96 Tahun


(suc/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat