gtrees.net

10 Jus yang Bagus untuk Pengidap Asam Lambung, Ada Wortel hingga Seledri

Carrot juice in glass and fresh carrots Healthy food on a grey stone background.
Jus wortel adalah salah satu pilihan jus yang baik untuk orang dengan asam lambung. Foto: Getty Images/iStockphoto/AnnaPustynnikova

Daftar Isi
  • Rekomendasi Jus untuk Asam Lambung
  • 1. Jus Lidah Buaya 2. Jus Wortel 3. Jus Melon 4. Jus Seledri 5. Jus Kubis 6. Jus Bayam 7. Jus Pir 8. Jus Pisang 9. Jus Apel 10. Jus Semangka
Jakarta -

Penyakit asam lambung adalah kondisi ketika asam dari lambung berulang kali naik ke kembali ke esofagus (saluran yang menghubungkan tenggorokan dengan lambung). Kondisi ini dikenal juga dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Asam lambung yang berlebih sering menjadi masalah kesehatan yang mengganggu, karena menyebabkan rasa tidak nyaman seperti mual muntah, nyeri ulu hati, hingga perut kembung.

Dalam usaha untuk mengurangi gejalanya, pemilihan minuman yang tepat sangat penting. Mengkonsumsi jus buah dan sayuran yang kaya akan nutrisi dan rendah asam jadi pilihannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rekomendasi Jus untuk Asam Lambung

Pengidap asam lambung sebaiknya memilih jus dengan tingkat keasaman yang rendah. Berikut adalah pilihan jus yang bagus untuk orang dengan asam lambung:

1. Jus Lidah Buaya

Lidah buaya adalah pilihan yang baik jus untuk orang dengan asam lambung, karena memiliki sifat antiperadangan.

Penelitian tahun 2018 oleh Seung Wook Hong, dkk, dari Seoul National University College of Medicine, menunjukkan bahwa mengkonsumsi jus lidah buaya bisa membantu pencernaan serta mengurangi gejala masalah pencernaan, seperti refluks asam dengan menenangkan peradangan pada lapisan saluran pencernaan.

Penelitian lama yang dikutip dalam ulasan tahun 2018 oleh Amanda C. Fifi, menunjukkan bahwa lidah buaya mungkin mempunyai efek yang sebanding pada gejala GERD dengan obat-obatan tertentu.

Meskipun demikian, untuk memverifikasi manfaat lidah buaya ini memerlukan penelitian
lebih lanjut.

2. Jus Wortel

Wortel mengandung beta-karoten dan memiliki pH yang cukup netral, sehingga aman untuk dikonsumsi pengidap asam lambung. Jus wortel bisa membantu menyeimbangkan asam di lambung dan memperbaiki lapisan mukosa lambung. Selain itu, wortel juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

3. Jus Melon

Melon adalah buah-buahan yang rendah asam. Dalam laporan dari Johns Hopkins Medicine, jus melon dipercaya memiliki manfaat untuk membantu meredakan asam lambung dan mencegah iritasi akibat refluks asam lambung. Adapun jenis melon yang bisa dikonsumsi ialah melon madu ataupun melon cantaloupe.

4. Jus Seledri

Dilansir Medical News Today, minum jus seledri mungkin bermanfaat dalam mengurangi refluks asam. Seledri termasuk sayuran hijau lembut yang nyaman di perut dan tidak menyebabkan gas yang menyakitkan. Oleh sebab itu, jus seledri aman dikonsumsi untuk pengidap asam lambung.

5. Jus Kubis

Kubis juga termasuk sayuran berdaun hijau secara alami rendah lemak dan gula. Hal ini berperan dalam membantu mengurangi sekresi asam lambung.

6. Jus Bayam

Sama seperti seledri dan kubis, bayam bisa jadi pilihan jus untuk orang asam lambung. Terlebih ia juga kaya akan magnesium.

7. Jus Pir

Pir cenderung tidak memiliki kandungan asam yang tinggi, sehingga bagus untuk pengidap asam lambung. Sifat alkali dan kandungan kalium pir akan bekerja dalam membantu untuk meredakan asam lambung naik.


8. Jus Pisang

Pisang masuk daftar buah rendah asam sehingga cocok dijadikan jus bagi orang dengan asam lambung. Dikutip dari Net Meds, buah ini bermanfaat dalam membantu pengidap refluks asam dengan melapisi lapisan esofagus yang teriritasi.

Kandungan kalium dan pektin pisang juga berperan dalam membantu memperlancar aliran isi lambung lewat saluran pencernaan.

9. Jus Apel

Dilansir laman Hermina Hospitals, apel mengandung mineral alkali seperti kalsium, magnesium dan kalium. Kandungan tersebut diklaim membantu meredakan gejala naiknya asam lambung.

10. Jus Semangka

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dipercaya membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Hal ini juga bermanfaat untuk menetralkan asam lambung.

Selain baik dalam mengatasi penyakit asam lambung, semangka juga salah satu sumber likopen yang berperan dalam mencegah kerusakan sel.

Itu tadi informasi medis mengenai daftar jus buah dan sayur yang bagus untuk orang asam lambung. Pasalnya, sayur dan buah dengan kadar asam rendah cenderung tidak memicu gejala GERD.



Aturan Porsi Makan Bagi Penderita Maag-Diabetes yang Ingin Diet

Aturan Porsi Makan Bagi Penderita Maag-Diabetes yang Ingin Diet


(khq/fds)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat