gtrees.net

Ternyata Ini Alasan Prabowo Pilih Operasi Kaki di RSPPN, Tak ke LN

Momen Jokowi jenguk Prabowo. (Dok. intagram Prabowo)
Foto: Momen Jokowi jenguk Prabowo. (Dok. intagram Prabowo)

Jakarta -

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto belum lama ini menjalani tindakan medis yakni operasi pada kaki kirinya. Cedera pada kakinya ini, didapatkan Prabowo ketika dirinya mengalami kecelakaan terjun payung saat bertugas di TNI di tahun 80-an.

Alih-alih memilih berobat ke luar negeri, Prabowo yang juga Presiden terpilih ini justru mempercayakan tindakan medis dilakukan di rumah sakit lokal. Prabowo memilih Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman yang berada di Jakarta Selatan.

Kepala Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan Brigjen TNI dr Daniel Lumadyo Wartoadi, Sp.Rad mengungkapkan alasan Prabowo memilih rumah sakit dalam negeri adalah dirinya ingin menunjukkan ternyata dokter lokal juga memiliki kompetensi yang baik. Serta mendorong dokter-dokter lokal untuk terus berkembang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dan mengapa beliau (Prabowo) memilih RSPPN, inilah yang beliau kepingin, kan. Kita anak bangsa harus mampu menjawab tantangan yang ada pada perkembangan dunia saat ini, nyatanya bisa," ujar dr Daniel di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2024).

Di balik kesuksesan operasi tersebut, dr Daniel juga mengatakan bahwa sebelum melakukan tindakan bedah kepada Prabowo, tim dokter juga memiliki tantangan. Selain karena ini cedera yang sudah lama, faktor usia dan komplikasi juga menjadi perhatian.

"Tantangannya ini kan sudah cedera lama, kita berpikir apa yang mungkin terjadi dan itu kita harus preparing apa yang mungkin terjadi. Lalu, yang kedua dari segi usia, dengan usia demikian apa yang mungkin ada sesuatu komplikasi, nah itu kita harus preparing," kata dr Daniel.

Prabowo, lanjut dr Daniel juga secara pribadi memberikan apresiasi kepada tim dokter yang menangani tindakan operasinya.


"Apresiasinya sangat luar biasa (dari Prabowo), beliau yang menyiapkan rumah sakit ini, beliau kepingin rumah sakit ini seperti apa dan itu adalah suatu anugerah yang luar biasa kita bisa menangani beliau," tutupnya.

Terkait kondisi Prabowo saat ini, Kolonel dr Sunaryo Kusumo, SpOT(K) mengatakan kondisi Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih tersebut kian membaik. Namun, Prabowo masih harus menjalani beberapa perawatan lanjutan pasca-operasi.

"Seperti yang kita lihat itu beliau sudah bisa tampil, jalan tanpa bantuan orang, tanpa tongkat. Cederanya ya seperti yang beliau bilang itu, (terjadi) di tahun 80-an. Tujuannya memperbaiki cedera yang lama itu," ujar dr Sunaryo.

"Seperti operasi-operasi yang lainnya, setelah selesai operasi, dirawat namanya rawat jalan. (Prabowo) tidak dirawat lagi di rumah sakit. Kontrol pasti ada. Pasti ada perawatan (lanjutan) seperti ganti perban dan lain-lain, pasti ada," sambungnya.



Alyssa Soebandono Tiga Kali Operasi Caesar, Dokter Sarankan Tidak Hamil Lagi

Alyssa Soebandono Tiga Kali Operasi Caesar, Dokter Sarankan Tidak Hamil Lagi


(dpy/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat