gtrees.net

Apakah Nyeri Tumit Gejala Asam Urat? Ini Fakta dan Bedanya dengan Plantar Fasciitis

A foot massage used to decrease pain, relieve tension and improve circulation.
Ilustrasi nyeri tumit kaki. Foto: Getty Images/Boy_Anupong

Daftar Isi
  • Hubungan antara Nyeri Tumit dan Asam Urat
  • Perbedaan Nyeri Tumit Asam Urat dan Plantar Fasciitis
  • Gejala Nyeri Tumit karena Asam Urat Gejala Nyeri Tumit Akibat Plantar Fasciitis
Jakarta -

Rasa sakit atau nyeri di tumit kerap dialami banyak orang. Seringnya, hal tersebut membuat seseorang kesulitan berjalan. Kondisi ini sering dikaitkan dengan gejala asam urat.

Biasanya, asam urat ditandai dengan nyeri kaki, kemerahan, hingga pembengkakan. Namun, beberapa jenis asam urat dapat terlokalisasi di tumit, sehingga sulit dibedakan dengan plantar fasciitis.

Lalu, sakit di tumit kaki apakah benar asam urat? Simak ulasannya di bawah ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hubungan antara Nyeri Tumit dan Asam Urat

Asam urat merupakan jenis radang sendi nyeri kaki ketika kadar asam urat dalam tubuh tinggi. Alasan asam urat muncul di kaki yaitu karena sangat sensitif terhadap suhu yang lebih dingin.

Dilansir Heel That Pain, ketika bersirkulasi ke seluruh tubuh dan mencapai kaki (paling jauh dari jantung dan biasanya paling dingin), asam urat cair mengkristal. Hal inilah yang menyebabkan nyeri pada sendi jempol kaki atau sendi tumit.

Spesialis ortopedi dan traumatologi dr Jessica Fiolin, SpOT, mengatakan bahwa nyeri asam urat pada tumit masih sangat jarang terjadi. Nyeri karena asam urat justru lebih sering muncul pada ibu jari kaki.

"Nyeri yang biasa disertai pembengkakan akibat asam urat umumnya dirasakan paling sering pada ibu jari kaki. Dan biasa ditandai dengan riwayat konsumsi makanan tinggi purin seperti daging merah, kacang-kacangan ataupun seafood," ujar dr Jessica pada , pada (29/8/2023) lalu.

Ia menambahkan, meski begitu penumpukan kristal purin di area tumit juga bisa terjadi. Namun, kasusnya jarang terjadi.

Nyeri tumit juga bisa muncul karena kondisi lain memicu keluhan di area tersebut. Paling umum, penyebab nyeri tumit adalah plantar fasciitis.

Plantar fasciitis muncul akibat peradangan yang terjadi pada plantar fascia. Dilansir laman Kemenkes Ditjen Yankes, plantar fascia merupakan jaringan tebal dan fleksibel yang menghubungkan tulang tumit dengan tulang-tulang lain pada telapak kaki.

Kondisi ini terjadi karena terlalu sering berlari/melompat, hingga membuat peradangan pada jaringan penghubung antar tulang (ligamen) di telapak kaki.

Perbedaan Nyeri Tumit Asam Urat dan Plantar Fasciitis

Dikutip dari Medical News Today, berikut adalah hal-hal yang membedakan asam urat dengan plantar fasciitis:

  1. Plantar fasciitis merupakan peradangan pada ligamen di kaki, sedangkan asam urat merupakan salah satu bentuk radang sendi karena penumpukan asam urat di dalam tubuh.
  2. Biasanya, asam urat dimulai pada jempol kaki tetapi juga bisa menyerang sendi lain di tubuh. Sebaliknya, plantar fasciitis menyebabkan nyeri dan bengkak pada lengkungan kaki dan tumit.
  3. Plantar fasciitis hanya menyerang kaki. Sementara, asam urat bisa menyerang banyak sendi di seluruh tubuh.
  4. Dalam mendiagnosis asam urat, dokter mungkin menggunakan tes darah dan sampel cairan. Sementara, plantar fasciitis diagnosis bisa hanya melalui pemeriksaan fisik dan tes pencitraan.
  5. Asam urat bisa diobati melalui pola makan, dan perubahan gaya hidup. Sedangkan untuk mengobati plantar fasciitis, dokter mungkin merekomendasikan terapi fisik dan, dalam beberapa kasus, pembedahan.
  6. Umumnya, pada plantar fasciitis, nyeri di tumit bisa sembuh sendiri setelah kaki diistirahatkan. Sementara, nyeri karena asam urat bisa kambuh saat tidak aktif dan istirahat dalam waktu yang lama.

Lebih lanjut, ketahui beberapa gejala nyeri tumit akibat asam urat dan nyeri tumit karena plantar fasciitis berikut ini.

Gejala Nyeri Tumit karena Asam Urat

  • Bagian tumit yang bertemu dengan pergelangan kaki akan terjadi kemerahan, pembengkakan, dan nyeri. Seseorang juga mungkin merasakan gejala di pangkal jempol kaki.
  • Seringkali kambuh di tengah malam, saat asam urat tersebut mengendap dan mendingin selama
  • periode aktivitas rendah.
  • Saat kambuh, tumit akan terasa sangat panas dan nyeri saat dipegang.
  • Rasa sakitnya tidak terlalu parah, tapi tetap ada setelah serangan asam urat kambuh.
  • Kesulitan menggerakkan sendi-sendi.

Gejala Nyeri Tumit Akibat Plantar Fasciitis

  • Nyeri tumit terparah muncul pada pagi hari, akibat plantar fascia belum "menghangat" lewat gerakan.
  • Rasa sakit yang membaik dengan peregangan dan aktivitas fisik yang rendah.
  • Kesulitan berjalan atau berdiri pada kaki yang terkena. Hal ini bisa terjadi pada kedua kaki, namun kasusnya lebih jarang.
  • Rasa sakit akan mereda melalui penggunaan orthotics, yang membantu menyelaraskan kembali serta melindungi fascia plantar dengan benar.
  • Nyeri tajam disertai kemerahan atau bengkak.
  • Rasa sakitnya muncul bersamaan dengan penambahan berat badan.


Intip Kampung Olimpiade Paris 2024

Intip Kampung Olimpiade Paris 2024


(khq/fds)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat