gtrees.net

Suka Nyeri Kepala Kalau Belum Minum Kopi? Dokter Singgung Kecanduan Kafein

Ilustrasi sakit kepala atau pusing atau stres
Ilustrasi pusing. (Foto: Getty Images/iStockphoto/David Gyung)

Jakarta -

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang paling populer di dunia. Minum kopi oleh banyak orang dipercaya sebagai salah satu 'booster' energi untuk mengawali hari, tak heran minuman beraroma wangi dan kuat ini sering dikonsumsi pagi hari.

Pernahkan mengalami kepala pusing atau sakit di pagi hari ketika belum minum kopi? Ketua Pokja Nyeri Kepala Perhimpunan Dokter Spesialis Neurologi Indonesia (Perdosni) dr Devi Ariani Sudibyo, SpN menjelaskan bahwa hal itu memang mungkin terjadi pada orang yang terbiasa minum kopi.

"Sangat mungkin ketika orang merasa pusing saat belum minum kopi. Ada salah satu bentuk nyeri kepala yang disebut dengan nyeri kepala karena withdrawal kafein," kata dr Devi ketika ditemui awak media di Jakarta Selatan, Rabu (3/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kondisi ini biasanya terjadi kalau bahasanya sudah 'addict' sama kafein. Jadi ketika dia tidak minum kopi kepalanya sakit, jadi memang mungkin saja terjadi itu," sambungnya.

Menurut dr Devi, minum kopi memiliki dua sisi mata uang yang baik maupun yang buruk untuk tubuh. Selama konsumsi kopi masih dalam jumlah moderat yang tidak berlebihan, maka kopi bisa sangat bermanfaat untuk organ, khususnya pada otak.

dr Devi menjelaskan ada banyak studi yang mengaitkan konsumsi kopi dengan kesehatan. Salah satu manfaat rutin minum kopi yang banyak dikaitkan dengan kesehatan otak adalah mencegah risiko kepikunan di usia senja.

"Pada ilmu degeneratif neurologi saraf kafein itu sangat bagus untuk mencegah pikun itu ada banyak referensinya," katanya.

"Makanya kenapa, kopi itu asal diminum dengan jumlah yang sesuai, dalam artian satu-dua cup per hari, tidak berlebihan, itu masih oke dan boleh ditoleransi," tandas dr Devi.



Mitos atau Fakta: Konsumsi Kopi Bikin Anak Jadi Pendek

Mitos atau Fakta: Konsumsi Kopi Bikin Anak Jadi Pendek


(avk/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat