gtrees.net

Mitos! Tangan Sering Dingin dan Basah Bukan Ciri Penyakit Jantung

Imprint of a male hand on a car glass
Tangan selalu dingin pertanda sakit jantung? (Foto: Getty Images/iStockphoto/grynold)

Jakarta -

Ada banyak pemahaman yang tidak tepat di masyarakat tentang penyakit jantung. Salah satunya mengaitkan kondisi tersebut dengan ciri-ciri telapak tangan sering terasa dingin dan mudah basah oleh keringat.

Konsultan kardiologi intervensi dari Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr Vireza Pratama, SpJP, Subsp.IKKv(K), FIHA, FAsCC, FSCAI, memastikan pemahaman tersebut salah. Ciri-ciri penyakit jantung tidak bisa dilihat dari kondisi telapak tangan.

"Tidak ada keterkaitan ilmiah bahwa telapak tangan sering basah atau sering dingin itu pasti ada hubungannya dengan penyakit jantung. Tidak ada bukti ilmiah," tegasnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sebaliknya, pada pasien dengan penyakit jantung, hal itu bisa saja terjadi. Tangannya basah, tangannya dingin, dan sebagainya, sebagai dampak dari penyakit jantungnya." jelas dr Vireza.

Telapak tangan terasa dingin dan sering basah oleh keringat, menurut dr Vireza tidak spesifik karena bisa dipicu oleh berbagai kondisi lain yang belum tentu terkait masalah jantung. Pasien dengan riwayat diabetes ataupun gangguan tiroid, disebutnya bisa juga mengalami kondisi tersebut.

Sementara itu, tanda-tanda yang lebih umum ditemukan pada serangan jantung adalah nyeri yang sangat berat di dada kiri. Menurut dr Vireza, sensasi rasa nyeri tersebut bisa dirasakan menjalar tembus hingga ke punggung dan berlangsung hingga lebih dari 20 menit, kadang-kadang disertai keringat dingin.

"Ini sangat tipikal untuk serangan jantung," kata dr Vireza.

Jika mengalami kondisi tersebut, maka sangat disarankan untuk sesegera mungkin mencari pertolongan medis.



Cara Anak Muda agar Tak Terserang Penyakit Jantung

Cara Anak Muda agar Tak Terserang Penyakit Jantung


(up/up)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat