gtrees.net

Benarkah Ibu Hamil Nggak Boleh Makan Ikan Mentah? Dokter Bilang Gini

Ilustrasi Ibu Hamil Makan
Ilustrasi ibu hamil (Foto: iStockphoto/Getty Images/simon2579)

Jakarta -

Perempuan yang sedang mengandung akan banyak memiliki keterbatasan. Selain mengurangi aktivitas-aktivitas berat, pilihan makanan juga wajib menjadi perhatian para ibu hamil. Beberapa makanan masih boleh-boleh saja dimakan, bahkan dianjurkan. Tapi ada juga yang mesti dihindari.

Salah satu pertanyaan yang kerap muncul dari para ibu hamil, terlebih mereka yang sedang ngidam, apakah boleh ketika sedang hamil mengonsumsi daging ikan mentah? Pasalnya, banyak yang mengatakan jika para ibu hamil sebaiknya menghindari daging yang belum matang.

Spesialis obstetri dan ginekologi dr Budi Wiweko, MD, SpOG mencoba meluruskan informasi tersebut. dr Iko mengatakan untuk ikan mentah atau yang dikenal dengan sashimi masih boleh-boleh saja dikonsumsi oleh ibu hamil.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kalau (konsumsi) ikan mentah nggak papa, nggak masalah sashimi itu ya," ujar dr Iko kepada , Kamis (27/6/2024).

Sementara mengonsumsi daging-daging mentah, seperti daging sapi dan daging ayam, disarankan untuk dihindari lantaran makanan-makanan ini berisiko mengandung toksoplasma tinggi.

"Biasanya kami menganjurkan pada ibu hamil untuk tidak mengonsumsi daging-daging yang yang tidak matang, karena cenderung berisiko mengandung toksoplasma lebih tinggi," kata dr Iko.

"Itu biasanya kita mengedukasi untuk tidak mengonsumsi daging yang mentah, terutama daging sapi, daging ayam," sambungnya.

Lebih lanjut, dr Iko juga menganjurkan kepada para perempuan yang sedang mengandung untuk juga mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi kalsium. Selain untuk menghindari keluhan seperti tangan mudah kesemutan, kram, jari-jari susah digerakkan, kalsium yang cukup juga baik untuk tulang bayi.

"Ibu hamil konsumsi kalsiumnya juga harus tinggi, kenapa? Karena sebagian besar kalsium dalam darahnya diambil oleh bayi untuk pertumbuhan tulang dan seterusnya," kata dr Iko.

"Sumber kalsium cukup banyak ya, buah-buahan seperti pisang, apel, kelapa, kemudian susu, keju, dan kacang-kacangan," tutupnya.



Berat Badan Naik Saat Hamil? Cek Batas Normalnya!

Berat Badan Naik Saat Hamil? Cek Batas Normalnya!


(suc/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat