gtrees.net

Ratusan Jemaah Haji Meninggal Tersengat Suhu Panas, Risiko Heat Stroke Naik 5 Kali Lipat

Muslim pilgrims walk, holding their umbrellas at the Mina tent camp, in Mecca, Saudi Arabia, during the annual hajj pilgrimage, Monday, June 26, 2023. Muslim pilgrims are converging on Saudi Arabias holy city of Mecca for the largest hajj since the coronavirus pandemic severely curtailed access to one of Islams five pillars. (AP Photo/Amr Nabil)
Foto: AP/Amr Nabil

Jakarta -

Ratusan jemaah haji yang meninggal karena suhu panas menyengat di tahun ini tidak terdaftar secara resmi di otoritas Arab Saudi, sehingga banyak dari mereka yang tidak memiliki akses ke layanan seperti bus ber-AC hingga tenda pendingin.

Kematian tersebut sekaligus menyoroti tantangan ke depan bagi penyelenggara saat perubahan iklim terjadi di wilayah tersebut. Praktik yang mengharuskan izin resmi untuk layanan tersebut menimbulkan kekhawatiran bahwa jemaah haji tidak terdaftar dapat semakin terpapar suhu panas yang mengancam jiwa.

Kritikus pemerintah mengatakan semua jemaah haji, apa pun statusnya, harus dilindungi dari suhu panas terik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Fokus pada kunjungan terdaftar versus tidak terdaftar ini adalah pengalihan isu. Jika Anda ada di sana dan membutuhkan bantuan, Anda harus mendapatkan akses ke sana," kata Khalid al-Jabri, seorang dokter yang bekerja untuk badan keamanan Saudi yang mengawasi haji dan saat ini menjadi bagian dari oposisi Saudi di pengasingan.

Kantor media internasional Arab Saudi tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Menteri Kesehatan Arab Saudi, Fahad Al-Jalajel mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa otoritas kesehatan menyediakan layanan kepada jamaah haji yang tidak terdaftar sebanyak 141.000 kali selama haji.

Risiko Sengatan Panas

Namun, ia mengakui bahwa jamaah haji yang tidak terdaftar berjalan jauh di bawah sinar matahari langsung tanpa tempat berlindung atau kenyamanan yang memadai, dan menambahkan 83 persen dari 1.301 korban tewas adalah jamaah haji tidak terdaftar.

Jamaah haji mengatakan mereka yang tidak memiliki izin terkadang harus berjalan kaki dalam suhu di atas 50 derajat Celsius, sementara sebagian besar jamaah haji yang terdaftar dapat menempuh sebagian perjalanan dengan bus ber-AC.

Seorang saksi mata Reuters mengatakan ia melihat ribuan orang berjalan di jalan raya dekat Mina, kota tenda yang luas dalam perjalanan ke Mekkah, alih-alih menggunakan bis seperti kebanyakan jemaah haji terdaftar. Jemaah haji mengatakan kepada Reuters bahwa pejabat Saudi secara rutin memeriksa bis sebelum keberangkatan untuk memastikan hanya jemaah haji yang terdaftar, naik.

Tidak diketahui seberapa besar masuknya jamaah haji yang tidak sah. Namun Direktur Keamanan Publik Saudi Mohammed bin Abdullah al-Bassami mengatakan bulan ini kerajaan telah mendeportasi 171.587 orang yang bukan penduduk Mekkah, tampaknya merujuk pada orang-orang yang tertangkap mencoba melakukan haji tanpa izin.



Simak Video "Begini Pola Makan yang Dianjurkan Ahli Gizi untuk Jemaah Haji"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat