gtrees.net

9 Manfaat Vitamin F Bagi Tubuh yang Jarang Diketahui

Fresh grapes and basket composition.
Ikan salmon adalah salah satu makanan yang mengandung vitamin F. Foto: Getty Images/Muhla1

Daftar Isi
  • Manfaat Vitamin F
  • 1. Menjaga Kesehatan Jantung 2. Mengurangi Nyeri Sendi 3. Memelihara Kesehatan Otak dan Saraf 4. Melindungi Skin Barrier 5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat 6. Mengempiskan Jerawat 7. Menjaga Kelembapan Kulit 8. Menjaga Keseimbangan Hormon 9. Memelihara Kesehatan Rambut dan Kuku
  • Makanan yang Mengandung Vitamin F
Jakarta -

Vitamin F merupakan jenis vitamin yang terdiri dari dua asam lemak, yakni asam alfa-linolenat (ALA) dan asam linoleat (LA). Kedua asam lemak esensial ini mencakup asam omega-3 dan omega-6 yang penting bagi tubuh.

Meski kurang familiar dibanding vitamin lainnya seperti vitamin A, B dan C, kandungan manfaat dalam vitamin F pun tak kalah dahsyat. Terutama untuk kesehatan kulit. Lantas, apa saja manfaat vitamin F? Simak pembahasannya dalam artikel berikut.

Manfaat Vitamin F

Vitamin F menyimpan beragam manfaat bagi sejumlah bagian tubuh. Berikut ini berbagai manfaat vitamin F yang dirangkum dari laman Webmd, Mensxp, dan Epainassist:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menemukan bahwa asupan vitamin F tinggi, bermanfaat dalam menangkal risiko penyakit jantung koroner dan penyakit kardiovaskular lainnya. Asam lemak jenuh yang digantikan dengan jenis asam lemak tak jenuh ganda atau Polyunsaturated Fatty Acids (PUFAs), terbukti mampu memelihara kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Mengurangi Nyeri Sendi

Berikutnya, vitamin F diketahui dapat membantu mengurangi peradangan sendi yang terjadi pada pengidap artritis reumatoid. Hal ini karena vitamin F kaya akan asam lemak omega-3 yang berguna untuk mengurangi rasa nyeri dan kaku di bagian persendian.

3. Memelihara Kesehatan Otak dan Saraf

Otak manusia memerlukan asupan asam lemak tak jenuh ganda untuk berpikir dan bekerja setiap harinya. Tak hanya pada orang dewasa, asam lemak esensial ini khususnya juga penting untuk menunjang perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Pasalnya, bagian neuron dan sinapsis otak tidak akan berkembang optimal tanpa adanya asam lemak tak jenuh ganda.

4. Melindungi Skin Barrier

Selain bermanfaat bagi organ internal tubuh, vitamin F juga bermanfaat dalam merawat bagian luar tubuh, termasuk kulit. Bahkan, asam linoleat dari vitamin F ternyata merupakan komponen pembentuk lapisan kulit yang melindungi tubuh dari kuman, bakteri, dan sinar UV.

Karena itu, penggunaan vitamin F dalam bentuk topikal seperti gel, minyak atau lotion dapat menjadi salah satu cara untuk memperkuat lapisan kulit paling luar atau skin barrier.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Konsumsi vitamin F dalam jumlah cukup, dapat mengurangi kolesterol jahat atau LDL (low-density lipoprotein) dalam darah. Dengan berkurangnya kadar kolesterol jahat, sirkulasi darah pun akan menjadi lebih lancar, sehingga menurunkan risiko infeksi dan mempercepat proses penyembuhan tubuh dari penyakit.

6. Mengempiskan Jerawat

Sifat anti-inflamasi pada vitamin F tidak hanya dapat mengurangi peradangan sendi, tetapi juga dapat menghempaskan jerawat. Oleh sebab itu, jenis vitamin satu ini sangat bermanfaat bagi orang-orang yang menderita peradangan kulit ataupun mempunyai tipe kulit yang rentan berjerawat.

7. Menjaga Kelembapan Kulit

Masih berhubungan dengan kesehatan kulit, vitamin F rupanya berpengaruh dalam menjaga kelembapan kulit. Pasalnya, asam lemak omega-6 yang terdapat pada vitamin F mempunyai sifat menghidrasi yang mampu mempertahankan serta menjaga keseimbangan kelembapan kulit. Hal tersebut akan membuat kulit tampak lebih sehat dan cerah.

8. Menjaga Keseimbangan Hormon

Asam lemak esensial pada vitamin F berperan penting dalam membentuk dan mengontrol hormon, khususnya pada wanita. Asam lemak esensial dikenal dapat mengendalikan siklus menstruasi serta mengurangi gejala yang muncul saat wanita mengalami Premenstrual Syndrome atau PMS.

9. Memelihara Kesehatan Rambut dan Kuku

Asupan asam lemak esensial yang kurang, seringkali menjadi penyebab kondisi kuku kering dan rentan patah atau mengelupas. Seperti yang dikutip dari laman Sportskeeda, vitamin F menawarkan kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang dan memperkuat kesehatan kuku dan rambut.

Makanan yang Mengandung Vitamin F

Sebagai informasi, kebutuhan vitamin F harian bagi orang dewasa adalah sebanyak 5-10 gram. Asupan vitamin F dapat terpenuhi dengan mengonsumsi sejumlah jenis makanan bergizi berikut ini:

  • Minyak kanola
  • Minyak jagung
  • Biji bunga matahari
  • Kemiri
  • Kacang kenari
  • Kacang almond
  • Susu formula
  • Ikan teri
  • Ikan salmon
  • Ikan tuna
  • Sarden
  • Susu kedelai
  • Tahu
  • Bayam
  • Brokoli
  • Kerang-kerangan

Demikian pembahasan mengenai beragam manfaat vitamin F bagi kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat menambah wawasan detikers tentang vitamin F yang masih jarang diketahui.



Peran Orang Tua Membatasi Penggunaan Gadget pada Anak

Peran Orang Tua Membatasi Penggunaan Gadget pada Anak


(khq/khq)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat