gtrees.net

10 Manfaat Daun Kelor untuk Wanita yang Tak Disangka-sangka

Manfaat Daun Kelor Sebagai Superfood Kaya Khasiat Sehat
Manfaat daun kelor untuk wanita. (Foto: Getty Images/iStockphoto/didoi)

Daftar Isi
  • 1. Meningkatkan Kadar Hemoglobin
  • 2. Berperan dalam Pemberian ASI
  • 3. Mendukung Kesehatan Tulang
  • 4. Mengobati Gangguan Mood dan Sistem Saraf
  • 5. Melawan Peradangan
  • 6. Berpotensi Melawan Kanker
  • 7. Melawan Penyakit Gangguan Lambung
  • 8. Melawan Infeksi Bakteri karena Makanan
  • 9. Mencegah dan Melawan Diabetes
  • 10. Membantu Kesehatan Kardiovaskular
Jakarta -

Daun kelor terkenal karena khasiatnya yang sangat banyak untuk kesehatan. Daun ini kerap dijadikan sebagai obat herbal untuk beberapa jenis penyakit.

Banyak orang mengonsumsi daun ini untuk pengobatan, termasuk para wanita lantaran khasiatnya yang tak 'kaleng-kaleng'.

Dikutip dari Prevention dan Medical News Today, berikut 10 manfaat daun kelor untuk wanita:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Meningkatkan Kadar Hemoglobin

Hemoglobin yang memiliki fungsi membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh ditemukan dalam sel darah merah. Penyakit anemia disebabkan karena kurangnya sel darah merah yang sehat atau hemoglobin yang dapat menyebabkan kelelahan, lemah, dan sesak napas.

Kondisi ini umum terjadi pada wanita. Daun kelor adalah salah satu bahan alami yang dapat membantu karena terbukti dapat meningkatkan kadar hemoglobin pada remaja wanita, serta wanita pasca menopause.

2. Berperan dalam Pemberian ASI

Daun kelor digunakan untuk membantu produksi ASI pada ibu menyusui di beberapa wilayah Asia selama berabad-abad lamanya. Sebuah penelitian menemukan kue dari daun kelor dapat meningkatkan kandungan protein, lemak, karbohidrat, dan vitamin A pada air susu ibu.

3. Mendukung Kesehatan Tulang

Wanita yang sudah mengalami menopause akan kehilangan hormon estrogen dan hal ini menjadi salah satu alasan wanita rentan terkena osteoporosis atau kepadatan tulang rendah. Daun kelor mengandung vitamin dan mineral pembentuk tulang seperti boron, vitamin C, magnesium, dan potasium.

4. Mengobati Gangguan Mood dan Sistem Saraf

Daun kelor mengandung aktivitas antioksidan yang dapat melindungi terhadap gangguan yang memengaruhi sistem saraf, seperti Multiple Sclerosis (MS), penyakit alzheimer, nyeri neuropatik, dan depresi.

5. Melawan Peradangan

Peradangan yang kronis dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan kanker. Daun kelor juga memiliki sifat anti-inflamasi menurut beberapa penelitian. 20 pasien asma yang diberi bubuk daun kelor ditemukan mengalami perbaikan kondisi hanya dalam waktu tiga minggu.

6. Berpotensi Melawan Kanker

Ekstrak dari kelor berpotensi melawan penyakit kanker dengan membunuh sel kanker hati, payudara, dan kolorektal. Daun ini mengandung niazimisin yaitu senyawa yang menekan perkembangan sel kanker.

7. Melawan Penyakit Gangguan Lambung

Ekstrak daun kelor dapat membantu melawan beberapa gangguan lambung, termasuk sembelit. Kelor juga dapat mengurangi keasaman lambung sekitar 85 persen.

8. Melawan Infeksi Bakteri karena Makanan

Daun kelor mengandung zat yang bertindak melawan beberapa patogen yang ditularkan melalui makanan. Seperti Staphylococcus aureus (S aureus) dan Escherichua coli (E coli).

9. Mencegah dan Melawan Diabetes

Daun kelor bermanfaat pada pengidap diabetes, termasuk pasien wanita. Daun ini membantu mengatur kadar gula darah dan insulin serta melindungi terhadap kerusakan organ. Sifatnya dapat membantu mencegah komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit.

10. Membantu Kesehatan Kardiovaskular

Daun kelor mengandung berbagai antioksidan dan anti inflamasi seperti quercetin yang mungkin membantu melindungi kesehatan kardiovaskular. Quercetin membantu mencegah pembentukan lipid dan peradangan dan berkontribusi pada penyakit jantung.



Ini Bahaya ASI yang Disimpan dengan Tidak Benar

Ini Bahaya ASI yang Disimpan dengan Tidak Benar


(suc/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat