gtrees.net

Hobi Tidur Pakai Kipas Angin, Paru-paru Aman? Dokter Bilang Gini

ilustrasi kipas angin
Foto ilustrasi: iStock

Jakarta -

Kebanyakan orang mungkin sering tidur dengan kipas angin yang menyala. Terlebih di tengah cuaca panas yang terjadi akhir-akhir ini.

Namun, banyak orang yang khawatir jika terlalu sering tidur dengan kipas angin menyala. Terlebih efeknya yang dikhawatirkan mempengaruhi kesehatan paru-paru.

Dokter spesialis paru dr Nina Eristina, SpP, menegaskan tidur dengan kipas angin sebetulnya tidak berbahaya. Hal yang menjadi masalah adalah jika lingkungan di sekitarnya kotor.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sebenarnya nggak masalah, silahkan. Asalkan kipasnya bersih, ruangan di sekitarnya juga tidak berdebu," terang dr Nina dalam webinar daring, Rabu (19/6/2024).

"Permasalahannya adalah ketika di sekitar tempat tidurnya banyak debu, itu dia (debu) akan terbang dan akan terhirup," lanjutnya.

dr Nina tidak mempermasalahkan tidur dengan kipas atau AC yang menyala. Asalkan, filter AC, kipas angin, dan lingkungan kamar dibersihkan secara rutin.

Namun, biasanya penggunaan kipas angin atau AC ini lebih bisa berdampak pada orang dengan penyakit asma.

"Cuma yang jadi masalah biasanya pada orang-orang asma. Terlalu dingin biasanya ada serangan asma, terbangun malam-malam," jelas dr Nina.



Ciri Paru-paru Basah

Ciri Paru-paru Basah


(sao/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat