gtrees.net

6 Daun Penghancur Lemak Perut, Cocok Dikonsumsi usai Kalap Daging di Idul Adha

Waktunya Liburan! 5 Pola Makan Untuk Cegah Buncit Usai Makan Banyak
Lemak di perut. (Foto: Getty Images/iStockphoto/golfcphoto)

Jakarta -

Momen perayaan Idul Adha memang kerap membuat orang-orang 'bablas' menyantap daging. Akibatnya, berat badan pun melonjak secara signifikan.

Selain membuat perut tampak buncit, kenaikan berat badan itu juga bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, mulai dari tekanan darah tinggi, kolesterol, hingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Penting untuk mengetahui cara menurunkan berat badan dengan tepat dan aman. Misalnya, dengan mengonsumsi daun yang bisa membantu menghancurkan lemak.

Sejak lama, ada beberapa tanaman yang dipercaya efektif membantu menurunkan berat badan. Karenanya, herbal tersebut cocok dikonsumsi untuk mengatasi kenaikan berat badan usai menyantap daging kurban.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apa saja jenis tanamannya? Dikutip dari berbagai sumber, berikut daun yang diyakini ampuh untuk menghancurkan lemak perut.

1. Daun Ketumbar

Selain digunakan untuk menambah cita rasa makanan, daun ketumbar juga dipercaya dapat membantu pengelolaan berat badan.

Daun ketumbar mengandung serat yang sangat bermanfaat untuk mengatur penyerapan makanan dan menekan nafsu makan. Selain itu, daun ketumbar juga mengandung magnesium, vitamin B, dan asam folat yang diyakini berkontribusi dalam menurunkan berat badan.

2. Daun Salam

Seperti halnya herbal lain, daun salam juga mengandung sejumlah serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Pencernaan yang baik memainkan peran penting dalam proses penurunan berat badan.

Tak hanya itu, daun salah juga mengandung kalsium yang turut membantu menurunkan berat badan. Dikutip dari WebMD, kalsium dapat memicu proses thermogenesis yang meningkatkan suhu tubuh dan memengaruhi proses metabolisme.

3. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji sejak lama dipercaya sebagai herbal 'mujarab' untuk menurunkan berat badan. Tanaman ini mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin C dan kalium.

Daun jambu biji juga mengandung senyawa yang dapat mencegah pati komplek diubah menjadi gula, sehingga bisa membantu penurunan berat badan.

4. Daun Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman populer yang diyakini dapat membantu menurunkan berat badan. Dikutip dari Eat This, teh hijau mengandung antioksidan bernama katekin yang dapat meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak.

Dengan menggabungkan konsumsi teh hijau dengan pola makan seimbang dan aktivitas fisik, maka proses penurunan berat badan dapat berjalan dengan lebih optimal.

5. Rosemary

Daun yang kerap dijadikan sebagai hiasan pada steak ini ternyata punya manfaat yang nggak kaleng-kaleng untuk menurunkan berat badan. Dikutip dari Times of India, rosemary mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Sejumlah penelitian menemukan pengelolaan kadar gula darah yang baik berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

Selain itu, kandungan asam karsonik yang ada pada daun rosemary dipercaya memiliki efek antiobesitas.

6. Peterseli

Peterseli juga bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan berat badan. Daun peterseli memiliki khasiat mengendalikan berat air, kadar gula darah, dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Daun ini juga kaya akan serat yang dapat mengatasi ketidaknyamanan di perut dan melancarkan pencernaan.



Berat Badan Naik Saat Hamil? Cek Batas Normalnya!

Berat Badan Naik Saat Hamil? Cek Batas Normalnya!


(ath/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat