gtrees.net

Dikenal Bikin Gatal, Ini 6 Manfaat Daun Jelatang bagi Kesehatan

Tanaman jelatang Urtica dioica L.
Tanaman jelatang (Urtica dioica L). Foto: Ben_Kerckx/pixabay.

Daftar Isi
  • Manfaat Daun Jelatang
  • 1. Sebagai Anti-Aging 2. Menyembuhkan Infeksi 3. Sebagai Anti-Jamur 4. Bahan Pangan 5. Krim Luka Bakar 6. Membasmi Demam Berdarah
Jakarta -

Daun jelatang (Urtica dioica L.) atau daun gatal memang bisa menyebabkan gatal jika disentuh. Namun di balik itu, ada banyak manfaat daun jelatang bagi kesehatan.

Dikutip dari Jurnal Penelitian Saintek Universitas Sari Mutiara Indonesia, Volume 26, Nomor 2, 2021, jelatang termasuk dalam famili Urticaceae dan genus Urtica. Tanaman ini biasa tumbuh di daerah beriklim sedang dan lembab. Perkembangbiakan tanaman ini adalah dengan menyebarkan rhizome dan stolon hingga membentuk rumpun.

Jelatang dapat tumbuh hingga mencapai 1-2 meter. Daunnya berwarna hijau, bertekstur kasar dan ditutupi oleh bulu-bulu menyengat (trikoma). Ukuran daunnya kisaran 2-3 inci, ramping, bergerigi, dan berujung lancip.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam artikel ini akan kita ulas berbagai manfaat daun jelatang bagi kesehatan, mulai dari kesehatan kulit, sebagai bahan pangan, hingga insektisida.

Manfaat Daun Jelatang

Berikut ini sejumlah manfaat daun jelatang bagi kesehatan tubuh:

1. Sebagai Anti-Aging

Dikutip dari buku Potensi Anti-Aging Dari Ekstrak Daun Gatal Atau Daun Jelatang (Urtica dioica L.) (2020) karya Siti Maimunah, SSi, dkk, daun jelatang memiliki sifat antioksidan sehingga dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Ekstrak daun jelatang bisa membantu perawatan anti-aging kulit karena mengandung senyawa polisakarida, vitamin C, karoten serta flavonoid quercetin, rutin, kaempferol, dan beta-sitosterol.

Ekstrak tanaman ini sering dipakai untuk pembuatan kosmetik sebagai krim topikal. Kandungannya juga biasa dijadikan dalam komposisi pada sampo.

2. Menyembuhkan Infeksi

Tanaman dari famili Urticaceae, termasuk jelatang memiliki aktivitas antibakteri yang memiliki khasiat sebagai obat. Jelatang dapat membantu penanganan penyakit infeksi yang disebabkan bakteri.

Ekstrak etanol pada daun jelatang memiliki daya hambat lebih baik terhadap bakteri gram negatif, seperti Salmonella typhi dan E. Coli. Efek serupa juga diperoleh terhadap bakteri gram positif Staphylococcus aureus.

3. Sebagai Anti-Jamur

Ekstrak daun jelatang juga mengandung bahan antijamur, sehingga mampu menghambat perkembangan spesies Candida albicans yang sering menginfeksi bagian mulut, organ intim, dan saluran pencernaan.

4. Bahan Pangan

Daun jelatang telah terdaftar di Eropa sebagai perisa alami. Herbal ini juga telah digunakan sebagai bahan sup dan teh. Daun muda dan akarnya dapat dijadikan sup tinggi protein dalam kondisi darurat, misal ketika mendaki gunung.

5. Krim Luka Bakar

Daun jelatang mengandung tanin yang membantu penyembuhan pada luka bakar. Ekstrak daun jelatang dapat diformulasikan untuk dijadikan krim luka bakar. Penggunaannya telah diuji coba pada mencit. Penelitian ini dirilis dalam Indonesian Journal of Health Science, Volume 3 No 2a, 2023, karya Nurin Chasanah, dkk, dari Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

6. Membasmi Demam Berdarah

Dalam penelitian berjudul Pengaruh Insektisida Alami Ekstrak Daun Jelatang Terhadap Mortalitas Larva Aedes aegypti karya Faleryan Wisnu Laksono, dkk, dari Fakultas Teknik, Universitas Wahid Hasyim, dibuktikan daun jelatang bersifat toksik terhadap larva nyamuk Aedes aegypti.

Daun jelatang ini mengandung senyawa alkaloid, flavonoid, tanin, steroid, dan saponin. Kandungan ini dapat berfungsi sebagai bio-insektisida.

Demikian tadi telah kita ketahui 6 manfaat daun jelatang bagi kesehatan tubuh, mulai dari manfaat anti-aging, bahan pangan, hingga insektisida.



Jenis Tumbuhan yang Bisa Atasi Stroke, Banyak Tersebar di Indonesia

Jenis Tumbuhan yang Bisa Atasi Stroke, Banyak Tersebar di Indonesia


(row/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat