gtrees.net

7 Jenis Ikan yang Tak Aman Bagi Pengidap Asam Urat, Nomor 3 Sering Dikonsumsi

Ikan Tuna
Ikan tuna salah satu ikan yang sebaiknya dibatasi pengidap gout. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Jordanlye)

Daftar Isi
  • 1. Tuna
  • 2. Trout
  • 3. Teri
  • 4. Sarden
  • 5. Cod
  • 6. Makerel
  • 7. Haring
Jakarta -

Penyakit asam urat atau yang disebut juga dengan gout adalah suatu kondisi peradangan yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat (uric acid) di dalam tubuh. Hal ini membuat zat asam urat menumpuk dan mengkristal pada sendi, sehingga menimbulkan gejala berupa nyeri, bengkak, dan kemerahan pada sendi yang meradang.

Zat asam urat dapat diproduksi secara alami oleh tubuh saat memecah purin. Semakin banyak makanan berpurin yang dikonsumsi, maka semakin banyak pula zat asam urat yang dihasilkan sebagai produk sampingan.

Salah satu jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah ikan. Bahkan, terdapat beberapa jenis ikan yang mengandung purin sangat tinggi, sehingga perlu benar-benar dihindari oleh pengidap gout.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip dari berbagai sumber, berikut jenis ikan perlu diwaspadai oleh pengidap gout.

1. Tuna

Tuna memang dikenal sebagai makanan yang kaya akan nutrisi, terutama asam lemak omega-3. Namun, pengidap gout sebaiknya membatasi konsumsi ikan ini.

Sebab, 100 gram daging ikan tuna dapat mengandung hingga 257 miligram purin. Sedangkan, batasan purin harian yang dianjurkan hanya sekitar 400 miligram.

2. Trout

Trout atau ikan forel juga sebaiknya dihindari oleh pengidap gout. Ikan forel dapat mengandung hingga 297 miligram purin per 100 gramnya.

Selain itu, forel juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

3. Teri

Teri merupakan salah satu ikan yang kerap dikonsumsi masyarakat Indonesia. Ternyata, ikan ini juga kurang aman dikonsumsi oleh pengidap gout.

Pasalnya, per 100 gram ikan teri dapat mengandung hingga 239 miligram purin. Jika dijadikan lauk untuk makan dua hingga tiga kali sehari, tentunya ikan teri bisa meningkatkan kadar zat asam urat dalam tubuh dan memicu gejala gout.

4. Sarden

Ikan yang sering dijual dalam bentuk kalangan ini juga sebaiknya dibatasi konsumsinya oleh pengidap gout. Sebab, setiap 100 gram ikan sarden bisa mengandung sekitar 210 miligram purin.

5. Cod

Ikan cod memang tidak memiliki kandungan purin sebanyak ikan lain. Namun, pengidap gout dianjurkan untuk tidak mengonsumsi ikan ini secara berlebihan.

Sebab, per 100 gram ikan cod memiliki kandungan purin hingga 109 miligram, atau lebih kurang seperempat dari batasan purin harian yang dianjurkan.

6. Makerel

Makerel juga termasuk ikan laut yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, khususnya oleh pengidap gout. Per 100 gram ikan makerel memiliki kandungan purin sekitar 145 miligram. Karenanya, terlalu sering mengonsumsi ikan ini bisa dengan mudah meningkatkan kadar senyawa asam urat dan membuat gejala gout kambuh.

7. Haring

Ikan haring atau bengkalis mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti vitamin D, fosfor, dan kalsium. Namun di balik ragam nutrisi tersebut, ikan haring ternyata bisa berbahaya bagi pengidap gout.

Pasalnya, setiap 100 gram ikan haring mengandung sekitar 210 miligram purin, atau lebih dari setengah batas purin harian yang direkomendasikan.



Bukan Sanksi, Ini Cara yang Dipilih BPOM Saat Hadapi Pedagang Nakal

Bukan Sanksi, Ini Cara yang Dipilih BPOM Saat Hadapi Pedagang Nakal


(ath/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat