gtrees.net

Nggak Kaleng-kaleng, 5 Manfaat Minum Air Jahe dan Kunyit Tiap Hari

Healthy ayurvedic drink golden almond milk or pumpkin turmeric latte with curcuma powder on white background close-up. Trendy Asian natural detox morning beverage with spices for vegans. Horizontal orientation
Ilustrasi air jahe dan kunyit. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Darya Arnautova)

Daftar Isi
  • 1. Melancarkan Pencernaan
  • 2. Menguatkan Imun Tubuh
  • 3. Meningkatkan Kesehatan Jantung
  • 4. Membantu Menurunkan Berat Badan
  • 5. Mengurangi Nyeri Haid
Jakarta -

Jahe dan kunyit kerap dijadikan sebagai ramuan tradisional dalam berbagai macam situasi. Selain untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu, manfaat air jahe dan kunyit juga bisa menunjang kesehatan sehari-hari.

Jahe dan kunyit mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh. Terutama, antioksidan gingerol dan kurkumin yang berperan penting dalam meredakan peradangan di dalam tubuh.

Karenanya, tak heran jika ramuan air jahe dan kunyit sering diandalkan untuk mengurangi peradangan akibat radang sendi, mengatasi masalah pencernaan, serta menunjang kesehatan secara keseluruhan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut manfaat ramuan air jahe dan kunyit untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Melancarkan Pencernaan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu manfaat air jahe dan kunyit adalah membantu mengatasi masalah pencernaan. Dikutip dari Times of India, ramuan jahe dan kunyit dapat meningkatkan enzim pencernaan, mengurangi mual, dan menenangkan saluran pencernaan.

Tak hanya itu, air jahe dan kunyit juga bisa membantu merangsang pencernaan dan meredakan rasa tidak nyaman di perut.

2. Menguatkan Imun Tubuh

Jahe dan kunyit kaya akan antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, antioksidan yang terkandung pada kedua rempah tersebut juga berperan penting dalam melindungi tubuh dari stres oksidatif yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Minum air jahe dan kunyit setiap hari juga bisa menunjang kesehatan jantung. Jahe dapat membantu menurunkan tekanan darah. Di sisi lain, kunyit dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Baik tekanan darah tinggi dan kolesterol merupakan faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Dengan mengonsumsi air jahe dan kunyit, kedua faktor tersebut bisa dikelola dengan baik sehingga kesehatan jantung tetap terjaga.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jahe dan kunyit juga kerap dikaitkan dengan penurunan berat badan. Jahe disebut dapat membantu mengendalikan nafsu makan, sedangkan kunyit bermanfaat dalam meningkatkan metabolisme dan mengurangi peradangan. Karenanya, rutin mengonsumsi kedua rempah tersebut dapat berkontribusi dalam pengelolaan berat badan.

5. Mengurangi Nyeri Haid

Bagi wanita, mengonsumsi air jahe dan kunyit juga dapat membantu mengurangi nyeri akibat menstruasi. Ini berkat sifat antiinflamasi yang dimiliki oleh kedua rempah tersebut, sehingga dapat mengurangi peradangan penyebab nyeri dan mengurangi produksi senyawa yang memicu kontraksi rahim saat haid.



Mengenal Buah Kecubung Dampak-Bahaya

Mengenal Buah Kecubung Dampak-Bahaya


(ath/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat