gtrees.net

Anak-anak Makan Daging Kambing, Amankah? Ini Pesan Dokter

Benarkah Konsumsi Daging Kambing Kurang Menyehatkan? Ini Penjelasan dr. Tirta
Bolehkah anak-anak makan daging kambing? (Foto: Getty Images/iStockphoto/Vladimir Mironov)

Jakarta -

Beragam hidangan berbahan daging kambing mudah sekali ditemui usai perayaan Idul Adha. Terpikir untuk mengajak serta anak-anak untuk turut menyantapnya?

Bagi anak-anak, kebutuhan nutrisi tentunya berbeda. Namun demikian, umumnya tidak ada larangan untuk mengonsumsi daging kambing selama porsi dan cara penyajiannya juga disesuaikan.

"Sebenarnya konsumsi daging kambing itu bisa diberikan mulai bayi berusia 7 bulan dalam bentuk pure daging pada saat fase MPASI," kata dr Aisya Fikritama, SpA kepada HaiBunda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut dr Aisya, pure daging mengandung zat besi dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk tumbuh kembang anak. Di antaranya mencakup protein dan berbagai jenis vitamin.

Manfaatnya beragam. Termasuk di antaranya, membantu produksi sel darah merah, menjaga fungsi saraf, hingga menjaga sistem kekebalan tubuh.

"Pastikan saat memberikan daging di usia ini, daging yang dipilih adalah yang minim lemak, seperti bagian paha atas atau bahu kambing," pesannya.

Terkait porsi, dr Aisya mengatakan tidak ada aturan yang baku. Namun yang pasti, kebutuhan nutrisi dalam daging merah pada setiap individu berbeda-beda dan sebaiknya tidak berlebihan.

"Memang disarankan tidak terlalu banyak, karena dia menghasilkan thermogenic effect. Jadi untuk mengonsumsinya itu butuh energi yang lebih banyak dan dia akan menghasilkan panas gitu," jelas dr Aisya.

SIMAK SELENGKAPNYA DI SINI



Kenali Daging Kurban yang Aman Dikonsumsi

Kenali Daging Kurban yang Aman Dikonsumsi


(up/up)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat