gtrees.net

6 Tanda Diet Salah dan Sudah Tak Sehat untuk Tubuh

Female is dieting and checking her weight on the scale, selective focus
Tanda-tanda diet mulai tidak sehat (Foto: istock)

Jakarta -

Pola makan atau diet yang sehat menjadi salah satu kunci penting dalam proses penurunan berat badan. Namun, dalam beberapa kasus, diet yang diterapkan malah justru bisa berdampak kurang baik pada kesehatan tubuh.

Masalah ini mungkin disebabkan oleh metode yang tidak tepat atau mungkin kondisi kesehatan bawaan yang memang sudah ada pada tubuh. Berikut ini adalah tanda diet yang dilakukan tidak sehat dikutip dari Cleveland Clinic:

1. Rambut Menipis

Organ memerlukan nutrisi yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik. Hal ini tidak terkecuali pada folikel rambut yang sehat. Diet yang tidak tepat dapat membuat tubuh kekurangan protein dan energi yang parah sehingga menyebabkan rambut rapuh, atau bahkan rambut rontok.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Studi menunjukkan diet rendah protein, asam lemak esensial, dan nutrisi seperti vitamin C, seng, dan zat besi berhubungan dengan kerontokan dan penipisan rambut. Usahakan tetap menjaga asupan protein tanpa lemak, buah-buahan, sayur, biji-bijian, serta kacang-kacangan untuk rambut lebih sehat.

2. Kulit Menua

Kulit cepat menua sebelum waktunya juga bisa menjadi tanda metode diet yang dijalani tidak tepat. Diet dengan makanan bernutrisi sangat mempengaruhi kesehatan kulit dan menunda penuaan.

Sebuah penelitian tahun 2012 melaporkan bahwa pola makan kaya akan vitamin A, C, D, dan E memiliki efek yang baik untuk kulit. Demi mendapatkan efek 'awet muda' pada kulit konsumsi lima porsi atau lebih buah dan sayur sehari.

3. Kesehatan Mulut Memburuk

Gusi yang meradang dan berdarah, atau gigi berlubang bisa menjadi tanda-tanda dari pola makan yang buruk. Terlalu sering mengonsumsi gula dapat meningkatkan risiko gigi berlubang.

Selain itu, gusi yang bengkak atau berdarah sering kali dikaitkan dengan kekurangan vitamin C dalam makanan yang dikonsumsi. Tingkatkan konsumsi sumber vitamin C seperti stroberi, tomat, kentang, dan sayuran berdaun hijau.



Simak Video "KuTips: Olahraga Minim Cedera Seusai Absen di Ramadan-Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat