gtrees.net

10 Makanan Pelancar BAB Anak 1 Tahun untuk Cegah Sembelit

Ilustrasi 4 Cara Mengatasi Susah BAB pada Balita, Ketahui Tanda yang Perlu Diwaspadai
Ilustrasi anak belajar BAB. Foto: Getty Images/AleksandarNakic

Daftar Isi
  • Cara Melancarkan BAB pada Anak
  • 10 Pilihan Makanan Pelancar BAB Anak 1 Tahun
  • 1. Buah Naga 2. Alpukat 3. Pir 4. Biji Chia 5. Plum 6. Kacang Polong 7. Oat Bran 8. Apel 9. Rasberi 10. Lentil
Jakarta -

Makanan pelancar buang air besar (BAB) pada anak tahun, dapat diberikan untuk mencegahnya mengalami gangguan tersebut. Jenis makanan ini pastinya cukup serat, nutrisi, dan mineral.

Simak artikel ini untuk mengetahui cara melancarkan BAB pada anak, termasuk 10 pilihan makanan pelancar BAB anak 1 tahun untuk mencegah sembelit.

Cara Melancarkan BAB pada Anak

Sembelit tak hanya terjadi pada orang dewasa, tetapi juga anak berusia satu tahun. Untuk mengatasinya, bisa diawali dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut ini sejumlah cara melancarkan BAB pada anak agar tidak sembelit, seperti dilansir dari Healthline dan laman Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemkab Bantul:

  • Istirahatkan organ pencernaan dengan memberi anak makanan yang mudah dicerna
  • Beri sayuran dan buah-buahan berserat. Cobalah brokoli, kubis brussel, kacang-kacangan, plum, dan pir
  • Beri serat tambahan untuk anak usia di atas 8 bulan, seperti oatmeal, sereal kaya serat, pasta gandum, dan beras merah
  • Jaga asupan airnya. Bayi di bawah 6 bulan cukup diberi ASI eksklusif dan tidak perlu minum air. Di atas usia ini boleh diberi sedikit air
  • Hindari pisang, produk susu seperti keju dan yogurt, makanan rendah serat seperti nasi putih dan roti putih
  • Ajak anak untuk aktif beraktivitas
  • Mulailah mengajari anak rutin ke toilet untuk BAB.

10 Pilihan Makanan Pelancar BAB Anak 1 Tahun

Dari penjelasan di atas, kita bisa memberi anak 1 tahun sayuran, buah-buahan, dan makanan berserat lainnya untuk melancarkan BAB. Berikut ini 10 pilihan makanan pelancar BAB anak 1 tahun yang bisa dicoba:

1. Buah Naga

Dikutip dari situs Kementerian Kesehatan, buah naga merupakan sumber prebiotik sehingga mampu menjaga kesehatan pencernaan untuk bayi. Kandungan seratnya yang tinggi juga bisa mengatasi sembelit.

Buah ini juga kaya nutrisi, seperti energi, karbohidrat, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B2, natrium, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, vitamin B3, magnesium, likopen, karotenoid, kalium, zinc, dan kalori. Rasanya yang manis dengan sedikit asam cocok untuk dikonsumsi bayi sampai anak-anak.

2. Alpukat

Dikutip dari situs Happiest Baby alpukat mengandung serat yang tinggi dan kaya nutrisi seperti vitamin C, vitamin B dan protein. Anda bisa dengan mudah menghaluskan alpukat memakai sendok dan bisa dimakan anak dengan mudah.

3. Pir

Pir tak cuma mengandung serat, tetapi kandungan airnya juga tinggi. Buah ini pun mengandung sorbitol dan fruktosa. Sorbitol adalah gula alkohol alami dan fruktosa adalah gula alami. Keduanya bisa bermanfaat seperti pencahar, yang membantu merangsang buang air besar.

4. Biji Chia

Biji chia kaya akan serat dan cocok dikonsumsi oleh balita karena praktis. Rasanya yang netral kemungkinan bisa diterima anak. Cukup campurkan biji chia ke dalam berbagai jenis makanan yang disukai anak.

5. Plum

Buah plum kaya serat dan cocok menjadi makanan pelancar BAB anak 1 tahun untuk menangani masalah sembelit. Anda bisa memotongnya kecil-kecil dan mencampurkannya ke dalam sereal kering atau buatlah jus.

6. Kacang Polong

Kacang polong merupakan sumber protein nabati yang mengandung banyak serat sehingga dapat memenuhi kebutuhan sayuran harian. Anda bisa menjadikannya sebagai makanan pendamping nasi, atau masukkan ke dalam sup.

7. Oat Bran

Oat bran terbuat dari lapisan luar biji gandum dan memiliki lebih banyak serat dan protein daripada gandum biasa. Anda bisa menyajikannya bersama smoothie, yogurt vanila, hingga dicampur dalam adonan muffin sebelum dipanggang.

8. Apel

Apel sangat baik untuk melancarkan BAB anak-anak karena selain rasanya yang enak, buah ini juga mengandung serat dan air, baik pada daging maupun kulitnya. Ajari anak untuk memakan daging dan kulitnya.

9. Rasberi

Salah satu jenis buah beri yang baik untuk mengatasi sembelit adalah rasberi. Rasberi memiliki rasa manis dan kandungan seratnya tinggi. Rasberi enak dibuat jus atau dicampur ke dalam makanan lain.

10. Lentil

Terakhir adalah lentil, yaitu kacang-kacangan kecil ini tinggi serat, zat besi, vitamin B, dan tembaga. Ini dapat membantu melancarkan saluran pencernaan si kecil.

Demikian tadi cara mencegah sembelit dan 10 makanan pelancar BAB anak 1 tahun untuk mencegah sembelit. Jika sembelit terus berlanjut dan menganggu kesehatan anak, jangan ragu segera berkonsultasi pada dokter terkait.



Kesiapan Menikah Jadi Kunci Cegah Eksploitasi Ortu kepada Anak

Kesiapan Menikah Jadi Kunci Cegah Eksploitasi Ortu kepada Anak


(row/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat