gtrees.net

10 Penyebab Jerawat di Punggung dan Cara Mudah Mengatasinya

Health problem, skin diseases. Young woman showing her itchy back with allergy rash urticaria symptoms
Ilustrasi jerawat punggung. Foto: iStock

Daftar Isi
  • Penyebab Jerawat di Punggung
  • 1. Jamur dan Bakteri 2. Faktor Genetik 3. Iritasi 4. Sisa Sampo 5. Tidak Segera Mandi 6. Hormon 7. Tabir Surya 8. Keringat yang Terperangkap 9. Stres dan Cemas 10. Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu
  • Cara Mengatasi Jerawat di Punggung
  • 1. Metode Eksfoliasi 2. Terapkan Pola Makan Sehat 3. Minyak Pohon Teh
Jakarta -

Munculnya jerawat membuat banyak orang jadi kurang percaya diri. Namun tahukah kamu, jerawat tak hanya muncul di wajah saja, tetapi juga bisa timbul di punggung.

Jerawat di punggung bisa disebabkan oleh sejumlah faktor. Tapi jangan khawatir, sebab jerawat masih bisa diatasi dengan beberapa cara.

Lantas, apa penyebab jerawat di punggung? Lalu bagaimana cara mengatasinya? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penyebab Jerawat di Punggung

Memang, jerawat di punggung masih bisa ditutupi saat menggunakan baju. Namun jika tidak segera diatasi, jerawat dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena bikin tidak nyaman.

Mengutip situs Healthline dan Cleveland Clinic, berikut sejumlah penyebab jerawat di punggung:

1. Jamur dan Bakteri

Penyebab utama seseorang mengalami jerawat di punggung adalah karena jamur dan bakteri. Soalnya, kondisi punggung yang terlalu lembap karena berkeringat dapat memicu tumbuhnya jamur dan bakteri.

2. Faktor Genetik

Faktor genetik juga bisa memicu terjadinya jerawat di punggung. Coba cari tahu apakah keluarga detikers memiliki riwayat jerawat di punggung.

Apabila terdapat salah satu keluarga yang mengalami masalah jerawat di punggung, maka hal itu juga bisa terjadi kepada detikers.

3. Iritasi

Iritasi juga dapat menyebabkan jerawat di punggung. Hal itu terjadi karena terlalu sering menggunakan baju ketat, tas punggung, serta pemakaian pelembut dan pewangi pakaian.

Usahakan untuk menghindari area yang rentan berjerawat dari penumpukan keringat dan kotoran. Soalnya, gesekan antara keringat dan kotoran dapat menyebabkan iritasi ringan. Jika tak segera diatasi, maka dapat memicu jerawat punggung yang parah.

4. Sisa Sampo

Sampo memang dapat menjaga kesehatan sekaligus membuat rambut wangi. Tapi, sampo yang digunakan juga bisa memicu jerawat di punggung.

Sebab, air sisa sampo dan kondisioner yang kamu gunakan akan turun mengalir melalui kulit punggung. Jika produk sampo mengandung bahan yang sensitif terhadap kulit, maka bisa jadi memicu jerawat punggung.

Sebisa mungkin untuk selalu membilas bagian punggung dengan air sampai bersih. Lalu, keringkan seluruh tubuh dengan handuk yang kering dan bersih.

5. Tidak Segera Mandi

Apakah kamu termasuk orang yang malas mandi? Jika iya, bisa jadi hal tersebut menyebabkan timbul jerawat punggung.

Orang yang jarang mandi, terutama setelah berolahraga atau melakukan aktivitas yang menyebabkan banyak keringat, dapat memicu kotoran menempel di kulit punggung. Jika tidak segera mandi, maka kotoran tersebut dapat menyebabkan jerawat.

6. Hormon

Perubahan hormon juga dapat menyebabkan jerawat di punggung. Biasanya, hal ini sering terjadi pada ibu hamil atau remaja yang sedang memasuki masa pubertas.

7. Tabir Surya

Tabir surya atau sunscreen boleh saja digunakan untuk punggung ketika sedang berjemur di bawah matahari. Akan tetapi, pilih tabir surya yang cocok dengan kulit dan jangan digunakan untuk jangka waktu lama.

8. Keringat yang Terperangkap

Keringat bisa terperangkap di antara kulit punggung dan pakaian yang dikenakan. Hal itu menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga bisa memicu jerawat.

Apalagi jika kamu memiliki riwayat keringat berlebihan (hiperhidrosis), maka lebih berisiko mengalami jerawat di punggung.

9. Stres dan Cemas

Penyebab lain munculnya jerawat di punggung karena mengalami stres dan rasa cemas berlebih. Kondisi tersebut memicu lebih banyak hormon kortisol yang diproduksi oleh tubuh.

Saat kadar kortisol meningkat, hal itu menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak sebum. Sebum sendiri merupakan zat berminyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak di kulit. Jika kulit mengandung terlalu banyak sebum, maka akan lebih rentan mengalami komedo dan jerawat.

10. Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu

Penyebab jerawat di punggung yang terakhir karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu, seperti kortikosteroid. Obat tersebut berisiko menyebabkan jerawat punggung.

Cara Mengatasi Jerawat di Punggung

Jerawat di punggung dapat diatasi dengan sejumlah cara. Untuk lebih jelasnya, simak cara mengatasi jerawat punggung di bawah ini:

1. Metode Eksfoliasi

Untuk mengatasi jerawat di punggung, kamu bisa menggunakan metode perawatan eksfoliasi. Cara ini dapat mengangkat kotoran dan minyak berlebih dari kulit.

2. Terapkan Pola Makan Sehat

Selain itu, disarankan untuk menjauhi makanan tinggi indeks glikemik (GI) yang dapat memperburuk kondisi jerawat.

Beberapa makanan tersebut seperti roti putih, pasta putih, nasi, dan kentang. Usahakan perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian utuh.

3. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh atau tea tree oil dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat punggung. Umumnya, minyak pohon teh dimanfaatkan untuk lotion, pembersih, dan krim kulit.

Apabila jerawat di punggung tak kunjung hilang, segera pergi ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Nantinya, dokter akan mendiagnosis penyebabnya dan memberikan sejumlah obat, baik bentuknya diminum atau dioles.

Itu dia 10 penyebab jerawat di punggung dan cara mudah mengatasinya. Semoga artikel ini dapat membantu detikers.



Catat! Ini 4 Penyebab Munculnya Jerawat

Catat! Ini 4 Penyebab Munculnya Jerawat


(ilf/inf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat