gtrees.net

Temuan Baru Pakar Harvard, Rahasia Awet Muda Tanpa Oplas! Ternyata Sesimpel Ini

Ilustrasi pijat wajah
Ilustrasi wajah awet muda. (Foto: Getty Images/iStockphoto/primipil)

Daftar Isi
  • 1. Tidur Nyenyak
  • 2. Latihan Fisik
  • 3. Mengurangi Konsumsi Gula
  • 4. Pola Makan Sehat
Jakarta -

Keinginan untuk tetap awet muda merupakan impian bagi banyak orang, terutama bagi kaum wanita. Berbagai metode estetik seperti filler, botox, hingga lifting kerap menjadi pilihan bagi beberapa orang untuk mempertahankan penampilan seiring bertambahnya usia. Namun, sebuah temuan baru profesor di Harvard Medical School menawarkan pendekatan baru yang dapat menjadi alternatif.

Profesor David A Sinclair dari Harvard Medical School menemukan bahwa Nicotinamide Mononucleotide (NMN), sebuah senyawa alami, memiliki peran penting dalam tubuh manusia. NMN berfungsi sebagai prekursor untuk memproduksi Nicotinamide Adenine Dinucleotide (NAD+), sebuah molekul vital yang mendukung fungsi sel dan perbaikan DNA.

NAD+ bertindak sebagai enzim redoks metabolik yang dapat membantu sel menghasilkan energi dan memperbaiki kerusakan DNA yang terjadi akibat penuaan dan faktor eksternal seperti radikal bebas. Dengan demikian, NAD+ membantu mengontrol sel-sel yang rusak dan mati, mempercepat regenerasi sel baru, dan pada akhirnya berpotensi memperlambat proses penuaan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"NMN menjadi salah satu penemuan paling menarik dalam bidang anti-aging dalam beberapa dekade terakhir. NMN membantu meningkatkan kadar NAD+, senyawa penting yang berperan dalam berbagai fungsi vital tubuh," jelasnya.

Kabar baiknya, NMN direncanakan akan hadir di Indonesia.

"Kami yakin kehadirannya di Indonesia dapat mendukung masyarakat menjadi lebih sehat, berenergi, dan tetap awet muda," ujar Heru Cakra, Direktur Utama PT Momen Global Internasional.

Meskipun hasil yang menjanjikan telah terlihat pada hewan, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengkonfirmasi efektivitasnya pada manusia.

Selain NMN, ada banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk menjaga wajah tetap muda dan kencang, seperti menerapkan pola hidup sehat dan juga beberapa tips di bawah yang disarankan oleh David.

1. Tidur Nyenyak

David menyarankan untuk tidur setidaknya enam jam setiap malam. Dia juga menggunakan tempat tidur yang dapat menyesuaikan suhu tubuhnya agar mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

2. Latihan Fisik

David tidak berolahraga setiap hari, tetapi dia berusaha melakukan latihan angkat beban tiga kali seminggu. Jika tidak berlari, dia memilih untuk berjalan-jalan.

3. Mengurangi Konsumsi Gula

David menghindari konsumsi gula berlebihan, daging merah, produk susu, dan alkohol. Meskipun sesekali dia masih meminum alkohol dalam perayaan, namun tidak dapat dihindari bahwa satu gelas alkohol sehari juga bisa mempengaruhi sel-sel otak.

"Hal ini membuat perbedaan besar pada biomarker darah dan usia epigenetik saya. Hanya dalam hitungan bulan, saya bisa mengurangi usia biologis dengan pola makan yang lebih baik," ungkap David.

4. Pola Makan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat juga telah terbukti mengurangi usia biologis David dalam hitungan bulan. Dia juga banyak minum air putih dan teh hangat sepanjang hari.



Mitos atau Fakta: Minum Teh Memperlambat Penuaan Dini

Mitos atau Fakta: Minum Teh Memperlambat Penuaan Dini


(naf/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat