gtrees.net

Mata Minus Bisa Sembuh Nggak Sih? Dokter Bilang Gini

Ilustrasi Mata Buram
Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur

Jakarta -

Mata minus atau rabun jauh (miopi) menjadi masalah penglihatan yang banyak dialami. Mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Kondisi mata ini membuat pengidapnya tidak bisa melihat objek jauh dengan jelas. Pada orang dengan miopi, mata biasanya lebih panjang dari depan ke belakang, daripada biasanya.

Lantas, apakah mata minus ini bisa disembuhkan?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dokter optometri dr Andri Agus Syah, OD, FPCO, FAAO, FIALVS, menjelaskan mata minus bisa sembuh sampai ukuran minus mencapai nol. Namun, kondisi ini tidak bisa bertahan lama.

"Kalau misalnya sembuh nol, bisa. Tapi, bisa naik lagi, nggak bisa kita katakan permanen," kata dr Andri saat ditemui di kawasan Kebayoran, Jakarta Selatan, Kamis (13/6/2024).

Meski begitu, ukuran minus pada mata masih bisa diturunkan menjadi nol. Salah satunya dengan metode Ortho-K (Orthokeratology).

Andri menjelaskan ortho-k adalah lensa kontak yang dirancang khusus untuk mencegah penambahan bahkan menghilangkan minus. Ini akan mengatur ulang kornea mata.

"Untuk menyembuhkan mata minus itu salah satunya yang bisa kita rekomendasikan adalah dengan ortho-k. Di mana kita membentuk ulang permukaan bola mata," jelas dr Andri.

"Itu dipakai pada malam hari saat tidur, dan kita bentuk ulang bola matanya. Sehingga, begitu bola matanya balik ke bentuk normal, penglihatannya akan kembali terang," sambungnya.

Selain itu, dr Andri juga menyarankan untuk melakukan beberapa kebiasaan yang bisa membantu mengurangi dan mencegah mata minus. Mulai dari istirahat yang cukup, mengurangi penggunaan gadget, hingga melakukan pemeriksaan teratur.



Studi: Rabun Jauh Pada Anak Meningkat Selama Pandemi Covid-19

Studi: Rabun Jauh Pada Anak Meningkat Selama Pandemi Covid-19


(sao/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat