gtrees.net

Mudah Dibuat! Ini 4 Rekomendasi Minuman yang Bagus untuk Turunkan Kolesterol

Ilustrasi jus tomat
Ilustrasi minuman sehat. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Model-la)

Daftar Isi
  • 1. Teh Hijau
  • 2. Jus Tomat
  • 3. Smoothie dari Sayur atau Buah
  • 4. Air Jahe
Jakarta -

Kolesterol merupakan senyawa lemak yang diproduksi oleh berbagai sel dalam tubuh. Secara umum, kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). Kolesterol HDL adalah jenis kolesterol yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh.

Sementara kolesterol LDL merupakan satu penyebab utama penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah. Seseorang dikatakan mengidap kolesterol tinggi ketika jumlah total kolesterol dan kolesterol LDL dalam tubuhnya melebihi batas normal.

Pada dasarnya kolesterol tinggi tak memicu gejala yang signifikan. Seiring berjalannya waktu, kolesterol tinggi yang tak terkontrol dapat memicu sejumlah gangguan kesehatan atau efek samping yang dirasakan pengidapnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Karena itu, pengidapnya perlu mengonsumsi obat kolesterol secara teratur agar kadar kolesterolnya tak melonjak. Perlu juga menerapkan pola hidup sehat, termasuk mengonsumsi minuman yang sehat.

Dikutip dari Medical News Today, berikut ini adalah beberapa jenis minuman yang dapat menurukan kadar kolesterol di dalam tubuh:

1. Teh Hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan tertinggi yang dikenal sebagai polifenol. Kandungan tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan kolesterol total.

2. Jus Tomat

Tomat mengandung senyawa likopen yang befungsi meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kadar kolesterol LDL. Pengolahan tomat menjadi jus dapat meningkatkan kandungan likopen di dalamnya.

Jus tomat yang kaya akan niasin dan serat yang dikenal baik untuk membantu menurunkan kolesterol.

3. Smoothie dari Sayur atau Buah

Smoothie yang dibuat dengan sayuran atau buah dapat membantu menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh. Beberapa jenis sayuran dan buah yang dapat dijadikan smoothie seperti pisang, stroberi, bayam, labu, lalu dicampur dengan susu oat atau susu kedelai.

4. Air Jahe

Jahe sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa permasalahan di dalam tubuh, seperti mual dan diare. Tidak hanya itu, rupanya jahe juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah aterosklerosis atau penyumbatan darah.

Beberapa jenis minuman di atas bisa dikonsumsi untuk membantu menurunkan kolesterol. Tapi masyarakat tetap dianjurkan untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu agar bisa mengetahui minuman jenis apa yang tepat untuk membantu penurunan kolesterol.



Mitos atau Fakta: Banyak Makan Kuning Telur Bikin Kolesterol Naik

Mitos atau Fakta: Banyak Makan Kuning Telur Bikin Kolesterol Naik


(suc/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat