gtrees.net

Bukan Sleeping Prince Arab, Ini Manusia Terlama yang Tidur dalam Koma

Treatment of a patient in critical condition in the ICU ward
Ilustrasi ICU. (Foto: iStock)

Jakarta -

Kabar koma Pangeran Arab Saudi selama 19 tahun lamanya menyita perhatian publik. Pangeran bernama Al Waleed bin Khaled bin Talal itu mulai dirawat di rumah sakit sejak tahun 2005 setelah mengalami kecelakaan mobil.

Mungkin tidak pernah ada yang mengira seseorang bisa tertidur selama itu karena koma. Tapi ternyata Pangeran Arab ini bukan manusia terlama yang tertidur dalam koma.

Koma terlama yang pernah tercatat dalam sejarah medis berlangsung selama 42 tahun sebelum pasien kehilangan nyawanya. Kondisi ini dialami oleh seorang wanita Amerika bernama Edwarda O'Bara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Diberitakan NBC News, O'Bara baru berusia 16 tahun ketika dia mengalami koma akibat diabetes pada tanggal 3 Januari 1970. Dia lahir di Miami, Florida, pada tahun 1953 dan memiliki riwayat diabetes pada masa kanak-kanak, yang diatasi dengan insulin.

Namun tragisnya, pada bulan Desember 1969, ia terjangkit pneumonia dan kedua penyakit tersebut terbukti terlalu berat untuk ditangani oleh tubuhnya. Kondisinya semakin memburuk selama dua minggu dan dia dibawa ke rumah sakit, di mana dia mengalami koma.

Sebelum dia pingsan, dia meminta ibunya untuk tidak pernah meninggalkan sisinya.

O'Bara diberi makan melalui selang, dan menepati janjinya, Kaye tetap berada di samping tempat tidurnya selama 38 tahun berikutnya, membalikkan badannya dari satu sisi ke sisi lain setiap dua jam untuk membantu mencegah luka baring saat merawatnya di rumah keluarga mereka.

Setelah 42 tahun berada dalam kondisi koma, O'Bara meninggal di rumahnya di Miami Gardens, Florida pada 21 November 2012, pada usia 59 tahun.



Khasiat Kumis Kucing hingga Temulawak untuk Atasi Diabetes

Khasiat Kumis Kucing hingga Temulawak untuk Atasi Diabetes


(kna/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat