gtrees.net

7 Minuman Segar Penetralisir Tubuh usai Makan Daging saat Idul Adha

Beragam jus untuk menurunkan darah tinggi
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Daftar Isi
  • 1. Air putih
  • 2. Teh jahe
  • 3. Jus lemon
  • 4. Jus sayuran
  • 5. Teh herbal
  • 6. Kombucha
  • 7. Jus nanas
Jakarta -

Tidak lama lagi, umat Islam akan menyambut Hari Raya Idul Adha. Salah satu tradisi yang identik dengan perayaan ini adalah makan-makan daging kurban.

Momen Idul Adha pun kerap dijadikan ajang 'balas dendam' untuk mengonsumsi daging dalam jumlah yang banyak, baik itu sapi, kambing, atau domba. Akibatnya, tak sedikit orang yang bablas dan makan daging secara berlebihan.

Padahal, konsumsi daging yang berlebihan dapat memicu risiko beragam masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, penyakit jantung, hingga stroke.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Karenanya, orang-orang yang suka 'kalap' saat makan daging harus mengetahui minuman penyeimbang untuk mencegah munculnya berbagai penyakit. Apa saja minuman tersebut? Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftar minuman penetralisir yang cocok diminum setelah makan daging.

1. Air putih

Air putih adalah salah satu minuman terbaik dan paling simpel untuk menetralisir setelah kebanyakan makan daging.

Air dapat membantu melancarkan pencernaan dengan cara melarutkan nutrisi dan menyalurkannya melalui saluran pencernaan. Selain itu, air juga membantu ginjal melakukan detoksifikasi dan membuang zat berbahaya yang dihasilkan saat tubuh mencerna daging.

2. Teh jahe

Teh jahe dapat membantu meredakan masalah pencernaan yang dialami setelah kebanyakan makan daging, seperti kembung dan mual. Selain itu, teh jahe juga dapat melancarkan pencernaan, dan mencegah tekanan darah tinggi yang dapat terjadi akibat konsumsi daging berlebihan.

3. Jus lemon

Jus lemon mengandung vitamin C tinggi yang dapat membantu penyerapan zat besi yang diperoleh dari konsumsi daging. Tak hanya itu, vitamin C juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah yang bisa meningkat akibat kebanyakan makan daging.

4. Jus sayuran

Kandungan serat yang ada pada jus sayuran dapat mencegah peningkatan kolesterol yang disebabkan oleh makan daging. Pasalnya, serat dapat memperlambat penyerapan lemak di sistem pencernaan. Alhasil, jumlah kolesterol yang diserap tubuh berkurang. Hal ini turut menurunkan risiko penyakit, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, hingga stroke.

5. Teh herbal

Mengonsumsi teh herbal yang terbuat dari chamomile dan peppermint juga dapat membantu mengatasi kembung dan masalah pencernaan akibat kebanyakan makan daging. Teh herbal juga bisa menenangkan perut dan mendukung kesehatan secara keseluruhan.

6. Kombucha

Kombucha adalah jenis teh yang dibuat melalui proses fermentasi. Teh ini kaya akan probiotik yang sangat bermanfaat untuk kesehatan usus.

Mengonsumsi kombucha setelah makan daging dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik di usus, serta menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tak hanya itu, kombucha juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

7. Jus nanas

Jus nanas mengandung enzim bernama bromelain yang dapat membantu tubuh mencerna daging dengan lebih baik. Bromelain dapat memecah molekul protein pada daging, sehingga memudahkan usus untuk menyerap nutrisi dan melancarkan pencernaan.



Kenali Daging Kurban yang Aman Dikonsumsi

Kenali Daging Kurban yang Aman Dikonsumsi


(ath/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat