gtrees.net

Daftar Minuman yang Bantu Asam Urat Turun, Ada Teh Jahe dan Air Lemon

woman suffering from wrist pain, numbness, or Carpal tunnel syndrome hand holding her ache joint
Ilustrasi asam urat (Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur)

Jakarta -

Penyakit asam urat merupakan peradangan yang menyebabkan persendian mengalami bengkak dan kaku. Kondisi dengan nama medis gout ini disebabkan oleh tingginya kadar asam urat atau uric acid di dalam darah.

Sebagian besar asam urat biasanya larut dalam darah, melewati ginjal, dan keluar dari tubuh dalam bentuk urine. Saat asam urat dalam tubuh terlalu banyak maka akan terjadi kondisi yang disebut hiperurisemia, yang menyebabkan pembentukan formasi seperti kristal yang lama kelamaan dapat menetap di persendian dan menyebabkan asam urat.

Saat kadar asam urat tinggi, beberapa bagian tubuh akan menjadi bengkak, terasa nyeri, hingga panas. Untuk mengatasinya, bisa dengan mengonsumsi beberapa minuman.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Minuman Agar Asam Urat Turun

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 6 minuman untuk menurunkan asam urat:

1. Teh hijau

Dikutip dari The Health Site, teh hijau bisa menjadi minuman untuk mengatasi asam urat tinggi di dalam tubuh. Menurut penelitian, minum teh hijau dalam jumlah sedang secara teratur dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Antioksidan yang terkandung dalam teh hijau membantu melawan peradangan yang berhubungan dengan asam urat.

2. Air lemon

Air lemon juga ternyata berkhasiat bagi orang dengan asam urat tinggi. Caranya, peras lemon segar ke dalam segelas air dan meminumnya.

Air lemon kaya akan vitamin C yang membantu menetralkan kadar asam urat di dalam tubuh.

3. Kopi

Kopi ternyata bisa membantu dalam mengatasi gejala asam urat tinggi. Para ahli menyarankan orang dengan asam urat minum kopi dengan tambahan susu skim atau susu rendah lemak (tanpa gula).

Namun, disarankan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter untuk menentukan seberapa banyak kopi yang boleh diminum. Agar tetap aman, tidak diperbolehkan minum lebih dari dua cangkir kopi dalam sehari.

4. Teh jahe

Dikutip dari laman NDTV, jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan kadar asam urat dan mengurangi rasa sakit. Rendam irisan jahe segar ke dalam air panas selama 5-10 menit.

Tambahkan madu atau lemon untuk menambah rasa. Disarankan untuk diminum 2-3 kali dalam sehari.

5. Jus mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi yang dapat membantu meningkatkan hidrasi dan membuang racun, termasuk asam urat. Blender mentimun segar dengan air untuk membuat jus. Minumlah setiap hari.

6. Jus semangka

Semangka merupakan buah yang kaya akan manfaat. Itu dapat menghidrasi dan mengandung senyawa seperti citrulline, yang dapat membantu mengatur kadar asam urat.

Caranya, haluskan potongan semangka segar dengan sedikit air. Kemudian, minumlah secara teratur.



Mitos atau Fakta: Konsumsi Kopi Bikin Anak Jadi Pendek

Mitos atau Fakta: Konsumsi Kopi Bikin Anak Jadi Pendek


(sao/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat