gtrees.net

Survei SKI 2023 Ungkap 5 Provinsi Ini Paling Banyak ke Luar Negeri untuk Berobat

Ilustrasi dokter kandungan
Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/BongkarnThanyakij

Jakarta -

Kementerian Kesehatan merilis data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 untuk melihat kondisi kesehatan masyarakat. Salah satu topik yang diangkat dalam SKI adalah minat warga berobat ke luar negeri.

Berdasarkan hasil SKI 2023, sebanyak 1 dari 1.000 rumah tangga Indonesia pernah mengakses layanan kesehatan luar negeri dalam tiga tahun terakhir. Pelayanan terbanyak yang dilakukan yakni medical check up (MCU)

"Alasan-alasan utamanya, fasilitas di negara tujuan lengkap, layanan sesuai harapan dan layanan itu cepat tepat dan akurat. Ini menjadi informasi bagi kita semua untuk mengetahui persis kebutuhan masyarakat dan bisa memberikan layanan di Indonesia sesuai ekspektasi masyarakat," ujar Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan Kemenkes RI Syarifah Liza Munira dalam acara Diseminasi Hasil SKI 2023, Rabu (12/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dari survei tersebut, pelayanan kesehatan yang banyak diakses warga Indonesia saat mengunjungi fasilitas kesehatan luar negeri yakni MCU, pengobatan kanker, kesehatan reproduksi, bedah/operasi dan kesehatan tradisional.

"Dari negara-negara yang diakses, yang paling banyak dituju yaitu Malaysia," tuturnya.

Adapun lima provinsi terbanyak mengakses pelayanan ke luar negeri,yakni:

  • Kepulauan Riau
  • Kalimantan Barat
  • Riau
  • Sumatera Utara
  • Aceh


Gawat! Perokok Aktif di RI Meningkat, Mayoritas Anak Muda

Gawat! Perokok Aktif di RI Meningkat, Mayoritas Anak Muda


(kna/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat