gtrees.net

Hasil SKI 2023, Malaysia Jadi Negara Tujuan Terbanyak WNI Berobat

Ilustrasi Rumah Sakit
Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/gorodenkoff)

Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023, Malaysia menjadi tujuan terbanyak masyarakat Indonesia yang ingin berobat ke luar negeri. Secara umum, sebanyak 1 dari 1.000 rumah tangga Indonesia pernah mengakses layanan kesehatan luar negeri dalam tiga tahun terakhir.

"Kita menambahkan satu variabel baru dalam SKI ini yaitu mengenai akses kesehatan masyarakat Indonesia ke luar negeri. Kita temukan bahwa satu dari 1.000 rumah tangga Indonesia pernah mengakses kesehatan ke luar negeri dalam tiga tahun terakhir," kata Kepala Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan Kemenkes RI Syarifah Liza Munira dalam acara Diseminasi Hasil SKI 2023, Rabu (12/6/2024).

"Utamanya adalah untuk melakukan medical check up (MCU). Dari negara-negara yang diakses, yang paling banyak dituju yaitu Malaysia," sambungnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Syarifah lebih lanjut menyebutkan ada berbagai alasan yang membuat masyarakat Indonesia memilih berobat ke luar negeri. Hal tersebut meliputi fasilitas yang dianggap lebih lengkap, layanan yang sesuai harapan, hingga layanan yang dinilai lebih cepat, tepat, serta akurat.

Hal ini menurut Syarifah penting untuk dijadikan bahan 'evaluasi' pengampu sektor kesehatan Indonesia untuk bisa memberikan layanan terbaik pada masyarakat, sehingga tidak perlu pergi jauh-jauh ke negeri tetangga.

"Ini menjadi informasi bagi kita semua pengampu sektor kesehatan Indonesia untuk mengetahui persis kebutuhan masyarakat dan bisa memberikan layanan di Indonesia sesuai ekspektasi masyarakat," katanya.

Selain ketiga alasan tersebut, beberapa alasan lain yang membuat masyarakat Indonesia berobat ke luar negeri adalah karena ruangan yang dianggap lebih nyaman, petugas komunikatif, akses lebih terjangkau, hingga sebagian responden menyebut biaya berobat di luar negeri lebih murah.

Selain Malaysia, beberapa negara lain yang menjadi destinasi warga Indonesia untuk berobat termasuk Singapura, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, hingga Korea Selatan. Layanan yang diakses berupa MCU, perawatan kanker, kesehatan reproduksi, operasi bedah, dan lainnya.



PB IDI Ungkap Alasan Banyak WNI Berobat ke Malaysia

PB IDI Ungkap Alasan Banyak WNI Berobat ke Malaysia


(avk/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat