gtrees.net

Viral DBD Disebut Bisa Sembuh Dengan Jus Daun Pepaya, Begini Faktanya

Ilustrasi daun pepaya.
Ilustrasi daun pepaya(Foto: dok. iStock)

Jakarta -

Belum lama ini beredar di sejumlah grup media sosial percakapan yang menyebutkan jika demam berdarah dengue (DBD) dapat sembuh hanya dengan mengonsumsi jus daun pepaya.

Pesan berantai yang mengatasnamakan info dari mantan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof A A Mattjik tersebut, beredar di sejumlah grup percakapan di WhatsApp.

"Berdasarkan pengalaman dari seorang anak laki-laki yang telah sembuh dari penyakit demam berdarah. Setelah sebelumnya mengalami masa kritis di ICU ketika trombositnya mencapai angka 15 dan menghabiskan 15 liter transfusi darah," demikian keterangan seperti dikutip dari laman IPB.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ayah dari anak tersebut mendapatkan rekomendasi dari temannya tentang Juice Daun Pepaya Mentah," lanjutnya.

Terkait hal ini, IPB menyatakan bahwa pesan yang beredar tersebut adalah informasi salah alias hoaks.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi juga menegaskan bahwa tidak terdapat bukti ilmiah terkait jus daun pepaya mentah yang dapat menyembuhkan demam berdarah dengue.

Menurutnya, semua obat harus ada uji klinis, dan yang disebut di dalam postingan hanya berdasarkan pengalaman.

"Tidak bisa testimonial satu-dua orang saja lalu sesuatu bisa menjadi obat," ujar Nadia saat dihubungi , Rabu (12/6/2024).

Kandungan pada daun pepaya sendiri bukanlah obat alternatif demam berdarah dengue, melainkan membantu meningkatkan daya tahan atau kekebalan tubuh.



BMKG Sebut Perubahan Iklim Berpotensi Tingkatkan Angka Penderita DBD

BMKG Sebut Perubahan Iklim Berpotensi Tingkatkan Angka Penderita DBD


(suc/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat