gtrees.net

10 Sayuran yang Dapat Menurunkan Kolesterol Sehabis Makan Daging Kurban

ilustrasi kubis
Kubis jadi salah satu sayuran yang bisa dimakan untuk menurunkan kolesterol. Foto: Getty Images/digihelion

Daftar Isi
  • Sayuran yang Mampu Menurunkan Kolesterol
  • 1. Bayam 2. Brokoli 3. Asparagus 4. Kubis 5. Terong 6. Wortel 7. Timun 8. Tomat 9. Kale 10. Lobak
Jakarta -

Stok daging yang berlimpah saat Idul Adha seringkali diolah menjadi santapan sate, gulai, atau sop. Walaupun nikmat, terlalu banyak mengkonsumsi daging dapat meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi, lho.

Supaya kadar kolesterol tetap normal setelah makan daging, ada beberapa jenis sayuran yang bermanfaat menurunkan kolesterol. Apa sajakah itu? Yuk, simak selengkapnya di artikel ini.

Sayuran yang Mampu Menurunkan Kolesterol

Dilansir dari laman Eatthis, berikut daftar jenis sayuran yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi penting untuk menunjang kesehatan jantung. Ahli gizi bernama Trista Best dari perusahaan suplemen Amerika, menyebut bahwa kandungan serat dalam bayam bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Pasalnya, kolesterol dan serat akan saling menempel, sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh secara alami.

ADVERTISEMENT

2. Brokoli

Brokoli bisa dijadikan sebagai alternatif sayuran untuk mengurangi kolesterol. Hal ini karena brokoli memiliki kandungan serat dan vitamin C tinggi serta beta karoten yang mampu menangkal serangan kolesterol jahat atau low-density lipoproteins (LDL) dalam aliran darah. Agar tidak monoton, sayuran brokoli dapat kamu campurkan dalam olahan menu makanan.

3. Asparagus

Meski jarang dikonsumsi di Indonesia, asparagus termasuk jenis sayuran yang menyimpan berbagai nutrisi bermanfaat. Diketahui, kandungan nutrisi asparagus terdiri dari vitamin, mineral dan serat yang membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, asam folat dalam asparagus juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan melancarkan sistem peredaran darah dan menurunkan kadar homosistein dalam tubuh.

4. Kubis

Mengutip dari buku Ramuan Herbal Penurun Kolesterol karya Prof H. Hembing W, kubis memiliki berbagai kegunaan, salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Hal ini karena adanya asam amino sulfur dalam kubis yang berperan untuk menurunkan kolesterol tinggi dalam darah.

Tak hanya itu, kubis juga bersifat antioksidan sehingga dapat mendetoksifikasi tubuh. Meskipun demikian, kubis tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak karena berpotensi mengurangi kadar yodium dan menimbulkan gas dalam lambung.

5. Terong

Tim peneliti dari Amerika Serikat menemukan bahwa terong menyimpan senyawa yang disebut asam klorogenat. Senyawa asam ini diketahui mampu menurunkan kadar LDL sekaligus menurunkan berat badan.

Selain mengendalikan kadar kolesterol, asam klorogenat dalam terong juga bersifat antivirus, anti karsinogen, dan antimikroba. Hal ini seperti yang tertulis dalam buku Gerakan Sekolah Bersih Menyenangkan oleh Purwanti Pahrurodji.

6. Wortel

Jenis sayuran berikutnya yang dapat menurunkan kolesterol tinggi adalah wortel. Dikutip dari buku Menangkal Penyakit dengan Jus Buah & Sayuran karya Dr. A.P. Bangun, MHA, sayuran berwarna oranye ini mengandung peptin yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol.

Lebih lanjut, sebuah penelitian menemukan bahwa wortel terbukti dapat menurunkan risiko semua tipe kanker. Mulai dari kanker prostat, paru, kandung kemih, hingga radang saluran napas.

7. Timun

Berdasarkan catatan dari , timun disebut-sebut mampu menurunkan kolesterol. Pasalnya, timun memiliki kandungan serat tinggi yang dapat menyerap kadar kolesterol dalam aliran darah. Namun, perlu diingat konsumsi timun secara rutin tidak serta merta langsung menurunkan kolesterol.

8. Tomat

Tomat juga tergolong sebagai kategori sayuran yang berguna untuk mengurangi kadar kolesterol. Hal ini karena dalam tomat terdapat sejumlah zat yang mampu mengendalikan kolesterol seperti serat, kalsium pektat, dan mineral kromonium.

Buku Sehat Zaman Now karya Fuat Anggrianto juga menyebut mineral dapat meningkatkan fungsi organ hati. Sayuran ini bisa dikombinasikan bersama wortel dan dikonsumsi dalam bentuk jus.

9. Kale

Mengutip dari situs Carespot, kale adalah jenis sayuran yang disarankan untuk mengurangi kolesterol. Pasalnya, sayuran ini mengandung lutein yang dipercaya dapat mengurangi penumpukan kadar kolesterol dalam tubuh dan menurunkan risiko ancaman penyakit serius seperti stroke atau serangan jantung.

10. Lobak

Jenis sayuran terakhir yang efektif untuk menurunkan kolesterol adalah lobak. Mengutip dari laman Dinas Kesehatan Jawa Barat, lobak memiliki kandungan serat yang setara dengan wortel, yaitu sebanyak 3 gram per setengah cangkir. Kandungan ini memungkinkan wortel untuk mengurangi kadar kolesterol dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi serta penyakit gula.

Nah, itu dia sederet jenis sayuran yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Perlu diingat bahwa konsumsi sayuran-sayuran tersebut tidak secara instan mengurangi kolesterol.



Simak Video "BPOM Pastikan Suplemen 'Beni-Koji' yang Picu Masalah Ginjal Belum Masuk RI"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/khq)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat