gtrees.net

Konsumsi Minuman Kolagen Bisa Bikin Kulit Tambah Putih? Dermatolog Bilang Gini

Ilustrasi minuman kolagen
Ilustrasi minuman kolagen. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Beo88)

Daftar Isi
  • Bagaimana Cara Meningkatkan Jumlah Kolagen?
Jakarta -

Saat ini ada berbagai jenis minuman berkolagen yang dijual di pasaran. Minuman mengandung kolagen tersebut diklaim dapat mencerahkan atau memutihkan kulit dalam waktu relatif cepat. Namun, benarkan minuman berkolagen bisa memutihkan kulit?

Kolagen sendiri sebenarnya merupakan protein yang dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Kolagen berfungsi untuk menjaga elastisitas, kekuatan, serta struktur kulit manusia.

Kolagen juga bermanfaat untuk memperkuat tulang dan membantu pemulihan jaringan tubuh yang terluka.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, ada yang mengatakan minuman kolagen dapat bisa membuat kulit lebih putih. Menanggapi klaim tersebut, spesialis kulit dan kelamin Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK pun angkat bicara.

Dokter yang biasa disapa dr Darma itu menegaskan anggapan minuman kolagen bisa memutihkan kulit adalah mitos belaka. Menurutnya, kolagen tidak berkaitan dengan perubahan warna kulit.

ADVERTISEMENT

"Kalau minuman kolagen memutihkan itu mitos, karena cara kerja minuman, apalagi yang kandungannya kolagen menimbulkan perubahan warna kulit, itu mitos," ujarnya dikutip dari detikTV, Senin (10/6/2024).

dr Darma menjelaskan warna kulit dipengaruhi oleh zat bernama melanin, atau yang disebut juga dengan pigmen.

"Yang berperan langsung untuk warna kulit itu adalah hal-hal atau bahan-bahan yang merubah produksi melanin, produksi pigmen," katanya.

Pigmen berada di lapisan epidermis atau lapisan kulit paling luar. Sedangkan, kolagen terletak lebih dalam di kulit, tulang, tendon, otot, dan ligamen.

"Kalau kolagen itu lokasinya di kulit itu dalam, jadi dia kaitannya lebih pada pengencangan kulit dan kekendoran," tutur dr Darma.

Bagaimana Cara Meningkatkan Jumlah Kolagen?

Di sisi lain, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Ahli nutrisi Dr dr Tan Shot Yen mengungkapkan salah satu cara paling efektif dengan menambah asupan vitamin C dari sumber alami.

"Salah satu asupan supaya kita bisa bikin kolagen sendiri tentu adalah dari vitamin C. Vitamin C bukan dari vitamin dalam bentuk suplemen, tetapi dari sayur, dari buah," terangnya.

dr Tan mengatakan vitamin C merupakan salah satu bahan baku yang dibutuhkan tubuh untuk bisa memproduksi kolagen dan menjaga kesehatan kulit.

"Orang Jawa Barat itu kelihatan banget putih karena mereka tukang makan sayur dan buah. Kulitnya bagus karena vitamin C nya cukup, vitamin A nya cukup, dan itu yang jadi bahan baku untuk membuat kolagen di bawah kulit Anda dan di dinding pembuluh darah Anda," pungkasnya.

BACA JUGA



Simak Video "Vitamin C dan A Rangsang Produksi Kolagen Biar Kulit Glowing, Apa Aja?"
[Gambas:Video 20detik]
(ath/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat