gtrees.net

Tak Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Konsumsi 'Vitamin U' Bagi Kesehatan Tubuh

The capsules of the drug are scattered on the table with a close-up reflection
Ilustrasi vitamin (Foto: Getty Images/Vladimir Zubkov)

Daftar Isi
  • 1. Mengatasi Tukak Lambung
  • 2. Melindungi Paru-paru, Hati, dan Ginjal
  • 3. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Trigliserida
  • 4. Menyembuhkan Luka dan Melindungi Kulit
Jakarta -

Kebanyakan orang mungkin hanya mengenal vitamin A, B, C, D, E, hingga K. Padahal selain vitamin-vitamin tersebut, ada juga lho yang disebut 'vitamin U'. Meski namanya tak sepopuler vitamin lain, vitamin U juga memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan.

Vitamin U adalah istilah yang diperkenalkan pada awal tahun 1950-an untuk mengidentifikasi senyawa dalam jus kubis. Setelah penelitian lebih lanjut, senyawa itu ternyata bukan-lah vitamin, melainkan turunan dari asam amino metionin. Akan tetapi, nama vitamin U sudah terlanjur melekat.

Dikutip dari Healthline, contoh turunan metionin yang sering disebut vitamin U antara lain S-metilmetionin (SMM), metilmetionin sulfonium (SMM), dan 3-amino-3-karboksipropil dimetilsulfonium.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Vitamin U banyak terdapat secara alami di dalam berbagai makanan terutama sayuran seperti kubis, brokoli, kubis Brussel, dan kangkung. Vitamin U juga banyak dikemas menjadi suplemen dan bahkan ditambahkan dalam produk skincare seperti krim, serum, dan masker. Berikut manfaat yang didapat dari vitamin U.

1. Mengatasi Tukak Lambung

Ketika vitamin U pertama kali diteliti pada tahun 1950-an, beberapa penelitian menunjukkan bahwa meminum 1 liter (945 mL) jus kubis setiap hari membantu penyembuhan tukak usus 4-5 kali lebih cepat dibandingkan terapi anti-tukak standar yang tersedia pada saat itu.

ADVERTISEMENT

2. Melindungi Paru-paru, Hati, dan Ginjal

Vitamin U dapat melindungi paru-paru, hati, dan ginjal dari kerusakan. Dalam sebuah penelitian pada hewan, vitamin U membantu memulihkan beberapa kerusakan hati yang disebabkan oleh obat anti kejang asam valproat.

Dalam penelitian lain, tikus yang diberi vitamin U mengalami kerusakan ginjal yang lebih ringan setelah menerima asam valproat dibandingkan tikus yang tidak diberi vitamin U. Zat ini juga tampaknya mengurangi penanda peradangan.

Penelitian pada hewan lebih lanjut menunjukkan bahwa vitamin U dapat membantu mengurangi kerusakan paru-paru akibat serangan epilepsi.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Trigliserida

Ada sejumlah bukti yang menunjukkan bahwa suplemen vitamin U dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida.

Pada sebuah penelitian tabung reaksi dalam laboratorium, misalnya, ditemukan bahwa vitamin U dapat mencegah pembentukan sel lemak dan mengurangi kadar trigliserida.

Sementara dalam studi selama 8 minggu, orang yang diberikan 1,5 gram vitamin U setiap hari mengalami penurunan kolesterol total hampir 10 persen.

4. Menyembuhkan Luka dan Melindungi Kulit

Manfaat kesehatan vitamin U lainnya adalah melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) matahari dan mempercepat penyembuhan luka.

Penelitian pada tabung reaksi dalam laboratorium dan hewan uji melaporkan bahwa memberikan vitamin U langsung ke luka dapat mempercepat penutupan luka.

Selain itu, vitamin U juga dapat melindungi kulit dari luka bakar dan kerusakan lainnya yang disebabkan oleh sinar UV.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk manfaat yang didapat dari 'vitamin U'.



Simak Video "Saran Pakar Terkait Konsumsi Vitamin C Bagi Penderita Autoimun"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat