gtrees.net

Celine Dion Buka-bukaan Rasanya Kena Stiff Person Syndrome: Seperti Tercekik

LOS ANGELES, CALIFORNIA - FEBRUARY 04: Celine Dion speaks onstage during the 66th GRAMMY Awards at Crypto.com Arena on February 04, 2024 in Los Angeles, California. (Photo by Kevin Mazur/Getty Images for The Recording Academy)
Celine Dion. (Foto: Kevin Mazur/Getty Images for The Recording Academy)

Jakarta -

Celine Dion kembali buka-bukaan soal efek penyakit Stiff Person Syndrome yang diidapnya. Celine Dion dalam sebuah wawancara terbarunya mengungkapkan bahwa penyakit yang dialaminya sejak tahun 2022 itu sudah mengganggu performa suaranya.

Ia bahkan mengaku merasa tercekik ketika sedang bernyanyi.

"Seperti ada yang mencekik. Seperti ada yang mendorong laring atau faring. Rasanya berbicara seperti itu dan Anda tidak bisa naik atau turun," kata Celine Dion dikutip dari People, Sabtu (8/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadinya terasa kejang otot. Awalnya di tenggorokan saja, dan saya berpikir 'Oke semuanya akan baik-baik saja'. Tapi itu juga terasa di perut, tulang belakang, hingga tulang rusuk" sambungnya.

Celine Dion melanjutkan bahwa kekakuan yang ia alami terkadang seperti membuat beberapa bagian tubuhnya seperti terkunci. Ia lantas mencontohkan beberapa kondisi seperti ketika duduk, kakinya bisa 'terkunci' tidak bergerak sama sekali.

Kondisi itu menurut Celine Dion juga kerap terjadi pada jari-jari tangannya. Tangannya seakan kaku tidak membuka dan diam pada posisinya.

"Jika saya memasak, karena saya senang memasak, jari-jari saya, tangan saya, akan diam pada posisinya. Ini kram tapi itu seperti dalam posisi di mana Anda tidak bisa membukanya," katanya.

"Saya pernah mengalami patah tulang rusuk karena terkadang jika sudah sangat parah, itu bisa patah," tandasnya.

Stiff Person Syndrome merupakan penyakit saraf langka yang tidak dapat disembuhkan dan bisa menyebabkan kejang otot yang melemahkan. Ketika diagnosis itu pertama kali diumumkan, Celine Dion terpaksa harus membatalkan semua pertunjukannya.

Saat itu Celine Dion mengatakan bahwa penyakitnya itu benar-benar mengganggu kehidupannya. Penyakit tersebut membuatnya sulit berjalan hingga bernyanyi pada performa yang sebenarnya.

Masalah neurologis dengan ciri autoimun yang dialami oleh Celine Dion ini dapat memunculkan gejala seperti kaku berlebihan, rasa nyeri, dan kecemasan kronik. Kejang otot yang begitu hebat juga dapat membuat sendi terkilir hingga bahkan mematahkan tulang.



Dokumenter Kisah Celine Dion Lawan Stiff Person Syndrome Tayang Juni 2024

Dokumenter Kisah Celine Dion Lawan Stiff Person Syndrome Tayang Juni 2024


(avk/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat