gtrees.net

Jurus Kak Seto Atasi Anak yang Kecanduan Gadget, Ternyata Sesederhana Ini

Psikolog anak Seto Mulyadi
Psikolog anak Seto Mulyadi. (Foto: Devandra Abi Prasetyo/detikhealth)

Jakarta -

Anak yang kecanduan gawai atau gadget masih menjadi pekerjaan rumah bagi sebagian besar orang tua di Indonesia. Di sisi lain, gadget juga menjadi 'obat' ampuh agar sang anak nggak lagi rewel.

Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Pusat Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto mengatakan permasalahan gadget pada anak masih menjadi hal yang pelik di kalangan orang tua. Oleh karena itu, Kak Seto, mewajibkan orang tua harus kreatif dalam menyelesaikan permasalahan ini.

"Pada prinsipnya kalau bisa, setiap orang tua harus kreatif. Jadi semacam harus serba bisa. Bisa nyanyi, bisa ndongeng, bisa mungkin main sulap, atau apa. Pokoknya yang menarik perhatian anak (agar terlepas dari gadget)," ujar Kak Seto kepada , di Jakarta Selatan, Rabu (5/6/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kalau bisa nyanyi, misalnya gadget dikenalkan dengan lagu. Misalnya 'gadget-gadget banyak manfaatnya, tapi juga bisa bahaya. Ayo adik bermain gadget dengan cerdas dan bijaksana," sambungnya.

Orang tua juga harus sejak dini mengajarkan soal kebijaksanaan kepada anak. Salah satunya adalah dengan membatasi penggunaan gadget kepada anak. Selain itu, orang tua juga harus berperan aktif memberikan waktunya kepada anak sebagai pengganti gadget.

ADVERTISEMENT

"Anak bisa bermain yang lain atau jalan-jalan sama Ayah sama Bunda. Jadi gadget bukan satu-satunya pilihan," terang Kak Seto.

Selain itu, orang tua juga bisa mengenalkan anak tentang permainan-permainan tradisional. Menurut Kak Seto, permainan ini jauh lebih memberikan manfaat positif dari hanya bermain gadget.

"Kalau perlu mempopulerkan lagi permainan tradisional. Ada engklek, ada gobak sodor, ada main egrang, bekel, dan lainnya," kata Kak Seto.

"Sehingga, ada keseimbangan, bisa mengembangkan kecerdasan fisik, kecerdasan sosial, kecerdasan spiritual, moral, dan sebagainya. Sehingga anak berkembang secara utuh dan lengkap," tutupnya.



Simak Video "KuTips: Pakai Metode 'RIDD' untuk Atasi Anak Tantrum"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat