gtrees.net

10 Tanda-tanda Persalinan Tinggal Menghitung Hari, Harus Siaga!

Ilustrasi Ibu Hamil
Ilustrasi tanda-tanda persalinan sudah dekat. Foto: Getty Images/iStockphoto

Daftar Isi
  • Tanda-tanda Persalinan Tinggal Menghitung Hari
  • 1. Pernapasan Sedikit Lebih Lega 2. Kontraksi 3. Kram 4. Tekanan di Panggul 5. Hilangnya Sumbat Lendir 6. Keputihan Meningkat 7. Pertambahan Berat Badan Melambat 8. Lebih Sering Ingin Buang Air 9. Air Ketuban Pecah 10. Tanda-tanda Lain
Jakarta -

Ada sejumlah tanda-tanda persalinan tinggal menghitung hari yang harus diketahui ibu hamil dan suaminya. Hal ini penting diketahui agar pasangan suami istri bisa menyiapkan segala kebutuhan untuk persalinan.

Dalam artikel ini kita ulas 10 tanda-tanda persalinan sudah semakin dekat. Mungkin tidak semua tanda ini terjadi pada seorang ibu hamil. Namun Anda harus semakin siaga jika beberapa tanda ini terjadi pada tubuh Anda.

Tanda-tanda Persalinan Tinggal Menghitung Hari

Berikut ini tanda-tanda persalinan tinggal menghitung hari yang dirangkum dari situs Parents dan Cleveland Clinic:

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Pernapasan Sedikit Lebih Lega

Kehamilan yang semakin besar akan membuat diafragma tertekan sehingga pernapasan menjadi lebih sesak. Namun ketika persalinan tinggal menghitung hari, bayi akan turun ke jalan lahir dan tekanan pada diafragma berkurang, sehingga pernapasan menjadi sedikit lebih lega.

2. Kontraksi

Kontraksi adalah hal umum yang terjadi ketika bayi sudah mau lahir. Kontraksi yaitu ketika perut mengencang kemudian mengendur lagi. Semakin dekat persalinan, maka frekuensi dan durasi kontraksi juga akan semakin sering.

3. Kram

Anda mungkin merasakan kram mirip dengan saat menstruasi. Kram ini berbeda dengan kontraksi palsu. Kram ini tidak terlalu menyakitkan, tetapi terasa jelas dan dapat datang dan pergi dalam hitungan jam atau bahkan hari.

4. Tekanan di Panggul

Bayi yang mulai masuk ke jalan lahir akan menambah tekanan pada vagina atau panggul. Hal ini membuat punggung bawah atau panggul terasa sangat nyeri, terlebih ketika terjadi kontraksi.

5. Hilangnya Sumbat Lendir

Selama hamil, leher rahim menjadi tertutup dan tersumbat oleh lendir. Sumbat lendir ini berfungsi melindungi janin dari infeksi. Hilangnya sumbat lendir ini menjadi salah satu tanda persalinan tinggal menghitung hari.

Saat serviks mulai melunak, melebar, dan menipis sebagai persiapan untuk melahirkan, sumbat lendir terlepas sehingga terdapat lendir yang jumlahnya meningkat. Lendir ini mungkin keluarnya dengan warna cokelat akibat bercampur dengan darah lama, atau merah muda karena pecahnya pembuluh darah kecil di sepanjang permukaan serviks.

6. Keputihan Meningkat

Banyak ibu hamil mengalami peningkatan keputihan selama kehamilan. Keputihan ini akan semakin meningkat dalam beberapa minggu atau hari menjelang persalinan. Keputihan berperan penting bagi vagina untuk membersihkan diri.

7. Pertambahan Berat Badan Melambat

Normalnya, ibu hamil akan terus bertambah berat badannya seiring bertambahnya usia kehamilan. Namun ketika kehamilan sudah berusia tua, kenaikan berat badan akan melambat. Beberapa orang bahkan mengalami penurunan berat badan.

8. Lebih Sering Ingin Buang Air

Kehamilan akan menekan kandung kemih sehingga ibu hamil tidak bisa berlama-lama menahan kencing. Selain itu, Anda mungkin akan mengalami buang air besar yang encer dan sering. Ini bisa jadi merupakan cara tubuh mengosongkan isi perut agar rahim berkontraksi dengan baik.

9. Air Ketuban Pecah

Tanda yang lebih jelas ketika persalinan segera tiba adalah air ketuban yang pecah. Namun tidak semua ibu hamil mengalaminya. Sekitar 90 persen ibu hamil dengan usia 37 minggu atau lebih akan secara spontan melahirkan dalam waktu 24 jam setelah air ketubannya pecah.

10. Tanda-tanda Lain

Selain tanda-tanda di atas, ada sejumlah tanda lain yang bisa menandakan persalinan tinggal menghitung hari, yaitu:

  • Kelelahan yang terjadi pada akhir kehamilan karena janin semakin besar.
  • Terasa nyeri pada selangkangan yang seperti kilat, yaitu nyeri saraf yang tajam, seperti terbakar atau menusuk panggul.
  • Mual yang disebabkan rasa sakit terkait kontraksi atau posisi bayi yang turun ke panggul.

Itulah tadi 10 tanda-tanda persalinan tinggal menghitung hari. Pasangan suami istri harus tahu ciri-ciri ini agar bisa semakin siaga ketika saatnya harus berangkat ke rumah sakit.



Bukan Surogasi, Ini Teknologi Fertilitas Berbantu yang Legal di Indonesia

Bukan Surogasi, Ini Teknologi Fertilitas Berbantu yang Legal di Indonesia


(row/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat