gtrees.net

Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi Hitam? Begini Penjelasannya

Minum Kopi Hitam di Pagi Hari Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
Ilustrasi kopi hitam. (Foto: iStock)

Daftar Isi
  • Waktu Terbaik Minum Kopi Hitam
Jakarta -

Kopi hitam tanpa gula merupakan salah satu varian kopi yang digemari banyak orang. Selain punya cita rasa yang khas, kopi hitam juga kerap dipandang lebih menyehatkan dibandingkan kopi yang ditambahkan gula, krimer, atau susu.

Manfaat kopi hitam pun beragam, di antaranya sebagai penambah energi, meningkatkan suasana hati, menurunkan berat badan, mengelola kadar gula darah, hingga berpotensi mencegah kanker.

Meski bisa dikonsumsi kapan saja, manfaat kopi hitam ternyata akan lebih efektif jika diminum pada waktu tertentu. Lantas, kapan sih waktu terbaik untuk minum kopi hitam?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Waktu Terbaik Minum Kopi Hitam

Banyak orang yang minum kopi hitam beberapa saat setelah bangun tidur. Namun, minum kopi hitam setelah bangun tidur ternyata kurang pas jika ingin mendapat manfaat maksimal.

Dikutip dari Healthline, waktu terbaik untuk minum kopi hitam adalah pertengahan pagi hingga menjelang siang. Bagi orang yang bangun pada 6.30, maka waktu terbaik untuk minum kopi hitam adalah sekitar 9.30 hingga 11.30 siang. Kenapa demikian?

Hal ini berkaitan erat dengan tingkat hormon kortisol yang ada dalam tubuh. Kortisol adalah hormon yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus. Hormon ini juga berperan dalam mengatur metabolisme, sistem imun tubuh, serta tekanan darah.

Hormon ini berada pada puncaknya 30-45 menit setelah bangun tidur, dan akan menurun seiring berjalannya hari. Mengonsumsi kafein, seperti yang terkandung pada kopi hitam, dapat meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh.

Jika kafein dikonsumsi saat kortisol tinggi, maka dapat menyebabkan munculnya kecemasan atau ansietas akibat kelebihan kortisol. Namun bila kafein dikonsumsi saat kortisol rendah, maka hormon tersebut akan meningkat, sehingga mengembalikan kewaspadaan dan fokus.

Itulah sebabnya mengapa kopi hitam baik dikonsumsi saat 9.30-11.30, yakni waktu ketika tingkat kortisol dalam tubuh mulai menurun.

Sejumlah temuan juga menyarankan untuk tidak mengonsumsi kopi hitam di atas jam tersebut karena efek kafein bisa bertahan hingga 10 jam, sehingga berpotensi mengganggu kualitas tidur.

Kendati demikian, perlu diingat waktu ideal minum kopi hitam setiap orang bisa saja berbeda-beda, tergantung dari respons tubuh terhadap kafein serta aktivitas sehari-hari yang dilakukan.



Mitos atau Fakta: Konsumsi Kopi Bikin Anak Jadi Pendek

Mitos atau Fakta: Konsumsi Kopi Bikin Anak Jadi Pendek


(ath/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat