gtrees.net

15 Tanda-Tanda Hamil Muda yang Umum pada 1 Bulan Pertama

Close up picture of a pregnant woman showing a love sign on her belly in the first trimester, outdoor
Ilustrasi hamil muda. Foto: Getty Images/iStockphoto/Ocskaymark

Daftar Isi
  • Tanda-tanda Hamil Muda
  • 1. Telat Menstruasi 2. Mual 3. Mudah Lelah 4. Nyeri Payudara 5. Lebih Sering Buang Air Kecil 6. Kram Perut 7. Sakit Kepala 8. Muncul Bercak 9. Sensitif Terhadap Bau 10. Mengidam Makanan 11. Mood Swing 12. Sembelit 13. Hidung Tersumbat 14. Berat Badan Bertambah 15. Perubahan pada Kulit
Jakarta -

Alat test pack dan USG menjadi cara untuk mengetahui kehamilan. Akan tetapi, kehamilan juga dapat dirasakan dan dicurigai lewat gejala atau tanda-tanda hamil yang terjadi.

Ciri-ciri kehamilan pada tiap orang dapat berbeda-beda. Tidak semua orang juga mengalami gejala yang sama dari satu kehamilan ke kehamilan berikutnya.

Namun, ada ciri-ciri hamil yang umum terjadi dan bisa mengindikasikan bahwa seseorang sedang memasuki masa awal kehamilan. Temukan tanda-tanda hamil muda pada uraian di bawah ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tanda-tanda Hamil Muda

Pada masa awal kehamilan, ada sejumlah gejala yang biasanya dialami wanita. Berikut tanda-tanda hamil muda, dikutip dari laman Cleveland Clinic.

1. Telat Menstruasi

Ciri paling umum dari hamil muda adalah telat menstruasi. Apabila kamu biasa haid tepat waktu atau datang lebih cepat, tapi suatu ketika justru terlambat maka bisa jadi kamu hamil. Namun, tanda ini mungkin tidak bisa dijadikan acuan jika seseorang mengalami haid yang tidak teratur.

2. Mual

Mual tanpa disertai muntah termasuk tanda awal kehamilan. Gejala ini dapat dirasakan kapan saja, baik pagi, siang, ataupun malam. Dan mual bisa terjadi sejak dua minggu kehamilan, tetapi tidak semua wanita hamil mengalaminya.

3. Mudah Lelah

Banyak orang yang sering merasa lelah di awal kehamilannya. Kelelahan ini umumnya disebabkan karena kadar hormon progesteron yang tinggi. Tanda hamil muda ini cenderung membaik saat memasuki trimester kedua. Namun pada beberapa orang, rasa lelah dapat terasa selama kehamilan penuh.

4. Nyeri Payudara

Pada awal kehamilan, payudara bisa terasa agak sakit ketika disentuh. Hal ini dikarenakan kadar hormon berubah dengan cepat setelah sel telur dibuahi. Perubahan inilah yang membuat payudara bengkak, terasa sakit, dan lebih berat. Area sekitar puting yang disebut aerola juga bisa menggelap.

Nyeri payudara di masa hamil muda dapat terasa sekitar 1-2 minggu. Dan rasa sakitnya pun bisa membaik setelah tubuh terbiasa dengan peningkatan hormon.

5. Lebih Sering Buang Air Kecil

Ketika masuk awal kehamilan, suplai darah di tubuh mulai meningkat. Ginjal menyaring darah dan membuang limbah ekstranya yang berupa air kencing. Karena itu, tak sedikit yang merasakan lebih sering buang air kecil di masa hamil muda.

6. Kram Perut

Kram di perut seperti saat PMS juga dapat menjadi salah satu dari tanda-tanda hamil muda. Kram ini biasanya terasa ringan dan akan membaik setelah beberapa hari.

7. Sakit Kepala

Sakit kepala saat hamil dapat terjadi karena perubahan hormonal dalam tubuh dan volume darah yang meningkat. Pusing yang dirasakan umumnya tergolong ringan. Ada juga wanita yang mengalami sakit punggung pada awal kehamilan.

8. Muncul Bercak

Setelah sperma membuahi sel telur, sel telur yang telah dibuahi akan menempel pada dinding rahim. Hal inilah yang bisa menyebabkan tanda kehamilan seperti munculnya bercak kecil darah atau cairan kecokelatan dari vagina.

Kemunculan bercak disebut juga dengan pendarahan implantasi. Tanda hamil muda ini dapat terjadi antara 5-12 hari setelah pembuahan.

9. Sensitif Terhadap Bau

Saat hamil, sebagian wanita menjadi lebih sensitif terhadap bau tertentu dan indra perasanya juga mungkin berubah. Seperti kebanyakan gejala hamil, rasa sensitif ini dikaitkan dengan perubahan hormonal.

10. Mengidam Makanan

Beberapa orang mungkin merasa lapar terus menerus atau mengidam makanan tertentu pada awal kehamilannya.

Beberapa makanan akan tampak enak sehingga ingin rasanya disantap segera. Preferensi makanan ini dihubungkan dengan perubahan hormon yang terjadi selama hamil.

11. Mood Swing

Saat hormon terus berubah pada awal kehamilan, suasana hati (mood) juga dapat berubah. Hal ini normal terjadi sehingga termasuk salah satu tanda hamil muda.

12. Sembelit

Sistem pencernaan juga bisa melambat karena terkena dampak dari perubahan hormon. Karena itu, sembelit dan perut kembung juga dapat terjadi.

13. Hidung Tersumbat

Akibat peningkatan hormon dan produksi darah pula, hidung mungkin berair atau tersumbat. Ini karena selaput lendir bereaksi dengan mengering, membengkak, atau berdarah.

14. Berat Badan Bertambah

Nafsu makan bisa bertambah pada masa awal kehamilan. Seseorang jadi mengidam suatu makanan dan merasa lapar terus menerus. Oleh sebab itu, berat badan dapat mulai meningkat. Penambahan berat badan juga dapat berlanjut selama kehamilan.

15. Perubahan pada Kulit

Peningkatan volume darah dan kadar hormon yang lebih tinggi mendorong lebih banyak darah di pembuluh darah.

Aktivitas kelenjar minyak akan bertambah dan bisa membuat kulit jadi makin bersinar atau lebih cerah. Sebagian orang mungkin mendapati jerawat muncul lebih banyak.

Nah, itu dia tanda-tanda hamil muda yang bisa dialami wanita. Tidak semua tanda di atas umum terjadi, tetapi ada juga yang jarang terjadi pada masa awal kehamilan.



Pandangan Medis soal Surogasi dan Regulasinya di Indonesia

Pandangan Medis soal Surogasi dan Regulasinya di Indonesia


(azn/inf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat