gtrees.net

Ternyata Ini Dua 'Biang Kerok' Usia 20-an Sudah Kena Sakit Jantung

Ilustrasi Sakit Jantung
Foto ilustrasi: Getty Images/MTStock Studio

Daftar Isi
  • 1. Makanan
  • 2. Merokok
Jakarta -

Penyakit jantung saat ini tidak hanya menghantui usia tua, kondisi ini juga mulai menyerang usia produktif. Dokter melihat banyak kasus penyakit jantung yang ditemukan pada usia 20-an.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dr Johan Winata, SpJP, Subsp, KI(K), mengatakan penyakit jantung yang dialami anak-anak muda ini bukan dari genetik atau penyakit jantung bawaan, melainkan muncul karena gaya hidup.

"Banyak anak muda yang saat ini terkena penyakit jantung. Saya sendiri ada pasien usia 20 tahunan, 30 tahunan itu ada beberapa," kata dr Johan dalam temu media di Jakarta Selatan, Senin (27/5/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kondisi yang dialami anak muda saat ini sebenarnya dipicu hal-hal yang sederhana. Ia menyebut ada dua penyebab utama yang membuat banyak anak-anak muda usia 20-30 tahun bisa mengalami sakit jantung, salah satunya serangan jantung.

1. Makanan

Menurut dr Johan, tidak ada yang salah dengan makanan yang dikonsumsi. Tapi, yang harus diperhatikan adalah cara saat mengkonsumsi makanan tersebut.

ADVERTISEMENT

Makanan yang manis, asin, pedas, gurih, maupun berlemak tidak akan menyebabkan penyakit apapun. Asalkan, dikonsumsi dalam jumlah secukupnya dan tidak berlebihan.

"Misalnya makanan manis, kalau mencicip sedikit dan jarang tidak akan jadi penyakit. Tapi, kalau dimakan setiap hari, bisa jadi penyakit," beber dr Johan.

2. Merokok

Mungkin banyak anak muda yang memiliki gaya hidup merokok. Menurut dr Johan, rokok adalah faktor gaya hidup terbesar penyumbang penyakit jantung di kalangan usia muda.

Sebab, rokok bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan dan berdampak pada penyumbatan di pembuluh darah ke jantung.

"Faktor terbesar itu karena merokok, apalagi mereka yang mulai merokok di usia anak-anak dan remaja," jelas dr Johan.

dr Johan menyebut risiko anak-anak usia produktif ini mengalami penyakit jantung bisa semakin memburuk jika disertai dengan faktor genetik. Misalnya seperti terlahir dari keluarga dengan orang tua yang memiliki riwayat penyakit jantung.



Simak Video "Cara Anak Muda agar Tak Terserang Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat