gtrees.net

Resep Ramuan Herbal 'Penangkal COVID-19' untuk Tingkatkan Imunitas

tea with ginger, lemon and thyme on old wooden background
Foto: Getty Images/iStockphoto/natashamam

Jakarta -

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI belum lama ini melaporkan kenaikan kasus COVID-19 di Indonesia akibat varian JN.1. Ketika kasus COVID-19 mengalami kenaikan dan di tengah cuaca tak menentu, menjaga imunitas menjadi hal yang sangat penting.

Jangan khawatir, ada ramuan sederhana yang bisa dibuat di rumah untuk menjaga imunitas. Ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr Inggrid Tania mengatakan tiga bumbu dapur yang bisa dijadikan ramuan menjaga imunitas adalah campuran jahe, kunyit, dan serai.

Cara membuatnya yang pertama adalah siapkan ketiga bumbu dapur tersebut dan jumlahnya bisa disesuaikan dengan pasien yang akan mengonsumsi ramuan peningkat imunitas tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi misalnya jahenya kita bisa ambil 10-20 gram, itu bisa kira-kira satu jempol yang mau minum. Misalnya kita mau kasih buat anak kita, jahe satu jempol. Bukan satu jempol kita, tapi satu jempolnya anak kita," jelas dr Inggrid ketika ditemui di RSUD Tamansari, Jakarta Barat.

Siapkan kunyit sebanyak satu sampai dua jari, serai sebanyak satu batang, serta jahe sebanyak satu jempol. Jika semua bahan sudah siap, iris kunyit dan jahe, geprek serai, dan rebus semua bahan ke dalam air hingga mendidih.

ADVERTISEMENT

Jika lebih menyukai ramuan yang rasanya lebih ringan, dr Inggrid menuturkan bahwa ketiga bahan dapur tersebut bisa diolah dengan cara diseduh dengan air mendidih. Namun, ia menuturkan bahwa efek maksimal dari ketiga bahan hanya bisa didapatkan apabila diolah dengan cara direbus.

"Misal diseduh itu direndam selama 5-10 menit, cuma itu rasanya akan lebih mild dan belum terlalu banyak zat-zat aktif yang bisa tersarikan. Kalau zat-zat aktifnya bisa tersarikan sampai larut itu bagusnya direbus," kata dr Inggrid.

"Kalau mau manis bisa dicampur madu misalnya. Kan madu juga baik untuk meningkatkan daya tubuh ya. Tapi madu murni ya, misalnya 2 sendok teh ke dalam gelas terus diaduk. Tapi jangan dalam keadaan mendidih saat memasukkan madu karena bisa merusak kandungan madunya," tambahnya lagi.

Konsumsi ramuan jahe, kunyit, dan serai ini sebanyak 1-2 kali sehari untuk menjaga imunitas tubuh. Jika sedang sakit, ramuan ini bisa dikonsumsi sebanyak 3-4 kali sehari.

"Tapi kalau kita misalnya ternyata sudah ketularan sakit, batuk, pilek, demam, atau mungkin bisa COVID, itu bisa ditambah minum 3-4 kali. Selain itu, ramuan ini juga bagus untuk memelihara fungsi pencernaan ya. Jadi kalau kita ada kembung atau mulai sedikit diare, kita bisa konsumsi itu untuk menormalkan kembali," tandasnya.



Simak Video "Sejumlah Faktor Penyebab Covid-19 Melonjak Lagi Menurut Epidemiolog"
[Gambas:Video 20detik]
(avk/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat