gtrees.net

Ahli Bedah China Berhasil Cangkok Liver Babi ke Pasien Kanker Hati

Ilustrasi Babi
Peneliti China berhasil melakukan transplantasi hati babi pada pasien manusia. (Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/dusanpetkovic

Jakarta -

Peneliti di China berhasil melakukan transplantasi hati atau liver babi ke manusia. Itu dilakukan pada pasien yang mengidap kanker hati berusia 71 tahun.

Operasi transplantasi itu dilakukan di Rumah Sakit Afiliasi Pertama Universitas Kedokteran Anhui, Hefei, China, pada 17 Mei 2024. Tim yang bertugas dipimpin oleh Profesor Sun Beicheng dan bekerja sama dengan tim Profesor Wei Hong Jiang dari Yunnan.

Dikutip dari Global Times, Sun mengungkapkan pasien didiagnosis kanker hati lobus kanan raksasa. Terapi intervensi yang dijalani pasien tidak efektif dan ada risiko pecahnya penyakit.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan prinsip belas kasih, nonmaleficence, persetujuan penuh dari pasien dan keluarga, Rumah Sakit Afiliasi Pertama Universitas Kedokteran Anhui membentuk komite akademik, komite etika klinis untuk teknologi baru, komite etika transplantasi organ, dan komite etika hewan.

Hasilnya, komite-komite tersebut menyetujui melakukan operasi xenotransplantasi untuk pasien.

ADVERTISEMENT

Selama operasi, tumor di hati kanan pasien direseksi. Dipastikan sisa lobus hati kiri tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan fungsi hati pasien.

Para ilmuwan kemudian mencangkok hati dari babi yang telah diedit gennya ke fossa hati kanan pasien. Operasi berjalan lancar, dan sekresi empedu segera dimulai.

Dari hasil laporan, tujuh hari setelah operasi, pasien sudah bisa bergerak bebas tanpa adanya reaksi penolakan akut maupun hiperakut. Tidak ada kelainan pada sistem koagulasi, dan fungsi hati sudah kembali normal.



Simak Video "Syarat Utama Jadi Pendonor Hati"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat