gtrees.net

Durasi Jalan Kaki yang Disarankan untuk Cegah Penyakit Jantung di Usia Muda

Pejalan kaki menyebrang Jalan di area zebra cros.   dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Ilustrasi jalan kaki. (Foto: Dikhy Sasra)

Jakarta -

Jalan kaki termasuk olahraga yang sangat mudah dan bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya bagi jantung. Jika dilakukan secara rutin, jalan kaki bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari RSPI Pondok Indah Puri Indah, dr Johan Winata, SpJP, Subsp, KI(K), menjelaskan umumnya olahraga, termasuk jalan kaki, memang sangat baik untuk kesehatan jantung.

"Olahraga itu akan membuat detak jantung naik. Dengan begitu, itu bisa mempertahankan detak jantung naiknya kontinyu," kata dr Johan dalam temu media di Jakarta Selatan, Senin (27/5/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Misalnya dia mau olahraganya jalan, itu nggak bisa sebentar-sebentar jalan. Tapi, nggak lama berhenti lagi. Itu akan membuat detak jantungnya turun lagi. Yang bagus itu, misalnya 15-30 menit jalan, ya jalan terus," jelasnya.

Selain jalan kaki, dr Johan mengungkap olahraga lain yang direkomendasikan untuk mencegah penyakit jantung. Ada olahraga endurance, kardio, dan weightlifting.

ADVERTISEMENT

Perlu dicatat, weightlifting ini tidak harus seperti binaragawan. Ini bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang.

"Pada dasarnya olahraga itu harus dilakukan secara kontinyu. Paling nggak, kalau olahraga itu ada target, misalnya satu minggu setidaknya bisa menurunkan seribu kalori," tuturnya.



Simak Video " Manfaat Rutin Berjalan Kaki 10 Ribu Langkah Setiap Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat