gtrees.net

Terbukti Lewat Riset, 3 Kebiasaan Simpel Ini Bisa Perpanjang Umur hingga 5 Tahun

Ilustrasi Gaya Hidup Sehat
Ilustrasi kebiasaan sehat. (Foto: Shutterstock)

Daftar Isi
  • 1. Rajin Beraktivitas Fisik
  • 2. Tidur yang Cukup dan Berkualitas
  • 3. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Seimbang
Jakarta -

Tidak semua orang bisa hidup hingga usia 100 tahun. Namun, kita masih bisa berupaya untuk mencapai hidup sehat dan panjang umur.

Cara untuk bisa hidup sehat dan panjang umur pun sebenarnya tidaklah sulit. Salah satu yang paling sederhana adalah dengan menyesuaikan kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Bahkan dengan mengadopsi kebiasaan yang tepat, kita bisa memperpanjang umur hingga 5 tahun loh.

Hal tersebut diungkapkan dalam studi yang dipublikasikan di BMJ Evidence-Based Medicine. Penelitian yang menganalisis data lebih dari 350.000 orang selama rata-rata 13 tahun itu menemukan ada beberapa gaya hidup sehat yang dapat memperpanjang usia hingga 5,5 tahun, bahkan untuk mereka yang memiliki risiko kematian dini secara genetik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Apa saja sih kebiasaan yang dimaksud? Dikutip dari dari berbagai sumber, berikut gaya hidup sehat yang terbukti dapat memperpanjang umur.

1. Rajin Beraktivitas Fisik

Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga memiliki dampak yang sangat besar terhadap kesehatan. Namun, studi menemukan olahraga secara teratur juga berkontribusi terhadap panjang umur.

ADVERTISEMENT

Olahraga dapat menurunkan faktor-faktor risiko dari berbagai macam penyakit. Contohnya, olahraga dapat menjaga tekanan darah tetap stabil dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kedua hal tersebut merupakan faktor risiko yang kerap dikaitkan dengan penyakit jantung dan stroke.

Olahraga juga dapat menjaga berat badan tetap ideal dan mencegah obesitas. Obesitas pun merupakan faktor risiko yang bisa memicu berbagai penyakit kronis, salah satunya diabetes tipe 2.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar setiap orang melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang setidaknya 150 menit, serta dua hari latihan kekuatan dalam seminggu.

2. Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Seperti halnya olahraga, tidur yang cukup dan berkualitas sangat berkontribusi terhadap hidup yang sehat dan panjang umur. Tidur yang cukup dapat membantu mengelola berbagai faktor risiko penyakit, seperti mengontrol kestabilan gula darah, menjaga berat badan ideal, memelihara kesehatan jantung, hingga menunjang fungsi otak.

Bahkan, sejumlah penelitian mengaitkan antara dampak kurang tidur dengan kematian dini. Dikutip dari CNBC Make It, kurang tidur dapat mempercepat proses penuaan, menurunkan fungsi kognitif otak, dan melemahkan sistem imun tubuh.

3. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Seimbang

Pola makan yang sehat dan seimbang adalah salah satu kunci utama untuk hidup sehat dan panjang umur. Bahkan, rahasia panjang umur warga 'Blue Zone' atau Zona Biru tak pernah terlepas dari apa yang mereka konsumsi sehari-hari.

Selain mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang seimbang, menghindari makanan-makanan yang berisiko juga tak kalah penting. Adapun makanan-makanan yang kerap dikaitkan dengan masalah kesehatan dan kematian dini antara lain makanan olahan, makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, makanan tinggi gula, makanan tinggi garam, daging olahan, dan minuman beralkohol.



Dokter Spesialis Saraf: 90% Stroke Bisa Dicegah

Dokter Spesialis Saraf: 90% Stroke Bisa Dicegah


(ath/kna)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat