gtrees.net

5 Makanan Manis yang Bisa Dimakan Pengidap Diabetes, Tak Cemas Gula Darah Naik

Dark Chocolate with Chunks on Wood Table
Coklat hitam salah satu makanan manis yang aman untuk pengidap diabetes. (Foto: Ilustasi/iStock)

Daftar Isi
  • 1. Madu murni
  • 2. Coklat hitam
  • 3. Apel
  • 4. Pir
  • 5. Anggur
Jakarta -

Pengidap diabetes melitus perlu berhati-hati dalam memilih makanan, terutama makanan manis agar kadar gula darah tetap stabil.

Mengonsumsi makanan manis sembarangan bisa menyebabkan kenaikan gula darah pada pengidap dan berdampak buruk pada kesehatan.

Meski begitu, ada beberapa makanan manis yang aman dikonsumsi oleh pasien diabetes. Makanan-makanan tersebut umumnya mengandung gula alami, sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah yang signifikan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lantas, apa saja makanan tersebut? Dikutip dari berbagai sumber, berikut makanan manis yang aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

1. Madu murni

Madu adalah salah satu alternatif pengganti gula yang aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Terutama, madu murni yang tidak ditambahkan gula atau pemanis buatan lainnya. Menambahkan madu ke camilan atau minuman dapat memuaskan hasrat ngemil manis bagi pasien diabetes.

ADVERTISEMENT

Namun perlu diingat, konsumsi madu dalam jumlah yang wajar. Walaupun madu memiliki indeks glikemik yang rendah, konsumsi secara berlebihan tetap dapat menyebabkan kenaikan gula darah.

2. Coklat hitam

Coklat hitam juga merupakan salah satu camilan yang bisa memuaskan hasrat akan makanan manis bagi pengidap diabetes. Tak hanya itu, coklat hitam juga bisa membantu menjaga kadar gula darah loh.

Pasalnya, coklat hitam mengandung flavonoid yang dapat mencegah terjadinya resistensi insulin. Selain itu, flavonoid juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung pada pasien diabetes tipe 2.

Coklat hitam juga rendah gula dan karbohidrat, sehingga aman dikonsumsi pengidap diabetes.

3. Apel

Tidak semua buah-buahan aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Sebab, ada beberapa jenis buah yang mengandung fruktosa tinggi, sehingga dapat membuat kadar gula darah melonjak.

Salah satu buah yang aman untuk pengidap diabetes adalah apel. Selain memiliki indeks glikemik yang rendah, apel juga mengandung serat yang dapat menghambat penyerapan karbohidrat dan gula di sistem pencernaan. Hal ini membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

4. Pir

Selain apel, pir juga termasuk buah yang aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Pasalnya, pir juga mengandung serat yang berperan dalam menurunkan kadar gula darah.

Sebuah studi menemukan konsumsi buah pir segar dapat menjadi strategi yang efektif untuk mengendalikan kadar gula darah pada pengidap diabetes.

5. Anggur

Anggur merupakan salah satu buah yang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

Anggur juga mengandung antioksidan dan polifenol yang berperan dalam mengurangi dampak stres oksidatif, serta melindungi dari risiko komplikasi penyakit jantung yang berkaitan dengan diabetes.



Simak Video "Khasiat Kumis Kucing hingga Temulawak untuk Atasi Diabetes"
[Gambas:Video 20detik]
(ath/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat