gtrees.net

Sandiaga Uno Ingin RI Jadi Tuan Rumah World Major Marathon

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat ditemui di Ubud, Gianyar, Bali, Jumat (3/5/2024). (Ni Made Lastri Karsiani Putri/detikBali)
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno. (Ni Made Lastri Karsiani Putri/detikBali)

Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi tuan rumah penyelenggara sport tourism khususnya event maraton kelas dunia. Salah satu mimpinya adalah Indonesia kelak menjadi salah satu destinasi world major marathon (WMM).

Wisata berbasis olahraga atau sport tourism merupakan salah satu pasar di sektor pariwisata yang terus tumbuh terutama pasca pandemi. Sandiaga mengatakan ada beberapa kota di Indonesia, salah satunya Bandung, yang bisa dijadikan destinasi sport tourism, terlebih sudah banyak event lari yang diadakan di dalam negeri.

"Bandung ini kan kalau dilihat dari kondisi cuaca, jadi trek lari terindah. Saya mimpi bisa naik kelasnya dari event nasional bisa jadi internasional. Jadi kualitasnya ditingkatkan," sebut Sandiaga saat temu media di Hutan Kota GBK, Minggu (26/5/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sandiaga mengatakan saat ini Indonesia sudah menuju 20 besar destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di dunia. Harapannya dengan capaian tersebut, semakin banyak kontestasi yang bisa mendatangkan wistatawan asing termasuk dari sport tourism.

"Kalau lihat 6 major marathon, semuanya di atas kita. Amerika, Jerman, Jepang, Inggris. Nah targetnya gimana kita tembus dan jadi layak menjadi destinasi world major marathon," beber Sandiaga.

Ada enam kota di dunia yang saat ini menyandang gelar World Major Marathon: Tokyo Marathon, Boston Marathon, London Marathon, Berlin Marathon, Chicago Marathon dan New York City Marathon. Ajang ini adalah salah satu maraton paling bergengsi dan paling dicari di dunia, saat atlet amatir dan elit berlomba sejauh 42 km melintasi beberapa jalan kota paling terkenal di dunia.



Respons Sandiaga Uno Soal Kenaikan Kasus Covid-19 Jelang Libur Nataru

Respons Sandiaga Uno Soal Kenaikan Kasus Covid-19 Jelang Libur Nataru


(kna/naf)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat