gtrees.net

Feses Berwarna Hitam Pertanda Apa? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

ilustrasi buang air di toilet
Foto: Getty Images/iStockphoto/patchanan promunat

Daftar Isi
  • Penyebab Feses Berwarna Hitam
  • 1. Makanan Berwarna Gelap 2. Suplemen Zat Besi 3. Obat-obatan 4. Pendarahan
  • Cara Mengatasi Feses Berwarna Hitam
  • Apakah Feses Berwarna Hitam Berbahaya?
Jakarta -

Apa yang kamu makan dapat menyebabkan feses berwarna hitam. Namun terkadang, tinja berwarna kehitaman juga bisa menunjukkan kondisi kesehatan serius yang sedang dialami.

Dilansir Mayo Clinic, feses normal berwarna cokelat. Warna tinja umumnya dipengaruhi oleh apa yang dimakan dan jumlah empedu (cairan kuning-hijau yang mencerna lemak) dalam feses.

Saat pigmen empedu mengalir di saluran pencernaan, pigmen tersebut secara kimiawi diubah oleh enzim. Sehingga dari yang warnanya hijau menghasilkan feses berwarna cokelat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Akan tetapi, tak sedikit orang mendapati tinjanya berwarna kehitaman. Feses hitam diyakini menandakan masalah medis yang cukup berbahaya. Benarkah demikian? Lantas, sebenarnya apa penyebab feses berwarna hitam?

Penyebab Feses Berwarna Hitam

Tinja berwarna hitam dapat disebabkan oleh sejumlah faktor. Berikut penyebab feses warna kehitaman:

1. Makanan Berwarna Gelap

Makanan dan minuman berwarna gelap yang kamu konsumsi dapat membuat tinja tampak hitam. Contohnya: buah bluberi, dark chocolate, sosis darah, jus anggur, dan buah bit.

Bila setelah konsumsi makanan tersebut lantas feses kamu berwarna hitam, hal itu wajar saja dan tidak perlu panik. Tinja nantinya akan kembali ke warna normal sesudah makanan keluar dari sistem pencernaan dan kamu berhenti mengkonsumsinya.

2. Suplemen Zat Besi

Feses menjadi hitam termasuk efek samping konsumsi suplemen zat besi yang tergolong normal. Setelah minum suplemen ini juga, kamu dapat mengalami sakit perut, mual, dan sembelit.

Jika efek samping suplemen zat besi kian parah dan masih berlanjut meski telah berhenti mengkonsumsinya, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter.

3. Obat-obatan

Beberapa obat dapat menyebabkan tinja kehitaman, seperti obat mengandung bismuth subsalicylate. Bismuth subsalicylate biasanya ada pada obat untuk mengatasi diare, sakit perut, dan mual. Gejala dari obat ini tidak berbahaya dan akan hilang setelah berhenti meminumnya.

Obat dengan bismuth subsalicylate juga dapat membuat lidah dan gigi menghitam apabila dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

4. Pendarahan

Pendarahan di saluran pencernaan bagian atas atau melena juga dapat menyebabkan feses berwarna hitam. Melena ini dapat terjadi di saluran pencernaan atas bagian mana pun, antara lain kerongkongan, lambung, maupun usus kecil.

Hal ini dikarenakan saat darah mengalir ke seluruh tubuh, ia berinteraksi dengan enzim di saluran pencernaan. Dari situ, darah berubah menjadi hitam dan feses yang keluar akan berwarna kehitaman.

Feses hitam akibat pendarahan di saluran pencernaan atas seringkali berbau busuk, lengket, dan disertai gejala intens lainnya, seperti: pusing, pingsan, sakit perut, mual, kelelahan, kulit menjadi pucat, dan sesak napas. Jika terjadi hal ini, kamu bisa segera pergi ke dokter atau UGD.

Ada banyak penyebab pendarahan di saluran pencernaan atas, di antaranya: gastritis, tukak lambung, varises esofagus, angiodisplasia pada saluran pencernaan, esofagitis, robekan Mallory-Weiss, tumor dan kanker esofagus atau lambung.

Cara Mengatasi Feses Berwarna Hitam

Cara mengobati feses berwarna hitam mesti dilakukan sesuai penyebabnya.

  • Apabila tinja kehitaman setelah konsumsi bluberi, dark chocolate, dan makanan berwarna gelap lainnya, maka bisa dibatasi atau dihentikan asupannya selama beberapa hari. Dan amati apakah ada perbedaannya atau tidak.
  • Jika feses berwarna hitam setelah minum suplemen zat besi atau obat mengandung bismuth subsalicylate, maka dapat berkonsultasi dengan dokter terkait alternatif yang aman.
  • Apabila tinja hitam disebabkan oleh pendarahan di saluran pencernaan atas, pengobatannya bervariasi tergantung kondisi dan tingkat keparahannya. Kamu dapat pergi ke dokter untuk didiagnosis dan mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Apakah Feses Berwarna Hitam Berbahaya?

Tinja berwarna kehitaman dapat berbahaya dan bisa juga tidak, tergantung penyebabnya. Kalau feses kehitaman setelah konsumsi makanan berwarna gelap, obat-obatan bismuth subsalicylate, dan suplemen zat besi, maka itu tergolong aman karena sebatas efek samping.

Namun bila tinja hitam terus menerus disertai bau busuk dan gejala intens lain yang membuat tidak nyaman, bisa jadi menandakan pendarahan atau masalah kesehatan yang cukup serius. Karena itu, kamu perlu segera pergi ke dokter atau menuju UGD terdekat.

Nah, itu tadi penyebab feses berwarna hitam. Jadi, tetap perhatikan apa yang kamu makan dan jaga kesehatanmu dengan baik ya.



Arti Warna dan Bentuk Feses

Arti Warna dan Bentuk Feses


(azn/fds)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat