gtrees.net

Belajar dari Warga Blue Zone, Konsumsi Minuman Ini untuk Hidup Sehat-Panjang Umur

Ilustrasi jus jeruk
Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Carlai)

Jakarta -

Memiliki tubuh sehat dan panjang umur merupakan impian dari banyak orang. Salah satu metode gaya hidup yang bisa dicontoh ialah warga yang tinggal di blue zone.

Blue zone merupakan sebuah istilah yang merujuk pada sebuah wilayah yang warganya memiliki harapan hidup tinggi bahkan tak sedikit warganya hidup selama 100 tahun. Masyarakat yang tinggal di daerah blue zone menyantap makanan yang sebagian besar terdiri dari makanan alami dari sumber lokal yang kaya akan sayur dan buah.

Hal ini membuat banyak warga blue zone hidup bebas dari penyakit berbahaya dan hidup hingga 100 tahun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Buah-buahan seperti jeruk merupakan makanan yang umum dikonsumsi oleh warga blue zone di Ikaria, Yunani dan Sardinia, Italia. Mengambil inspirasi tersebut, ahli diet Dr Carrie Ruxton menuturkan jus jeruk 100 persen dapat memberikan manfaat kesehatan yang besar untuk tubuh.

Selain memberikan manfaat pada kesehatan kulit melalui vitamin C, Ruxton menuturkan konsumsi jus jeruk satu gelas sehari juga dapat berkontribusi pada hidup yang lebih sehat dan lebih lama.

ADVERTISEMENT

Ruxton menyoroti manfaat dari jus jeruk murni untuk kesehatan kulit. Ia mengatakan jus jeruk murni mengandung antioksidan yang membantu proses anti penuaan pada kulit. Satu gelas kecil sudah cukup untuk menyediakan 90 persen kebutuhan vitamin C harian yang baik untuk menjaga keremajaan kulit.

Vitamin C dalam jus jeruk murni dapat bertindak sebagai pelindung alami terhadap sinar matahari yang dapat merusak kulit. Kandungan tersebut juga penting digunakan tubuh untuk kolagen yang penting dalam proses kulit awet muda.

Tak hanya itu, Raxton menuturkan vitamin C dalam jus jeruk murni juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh hingga memperbaiki kesehatan kardiovaskular.

"Segelas jus jeruk adalah langkah mudah dan murah untuk mendukung kesehatan jantung dan membantu sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik," kata Raxton dikutip dari Mirror, Selasa (21/5/2024).

"Tingginya kadar vitamin C yang ditemukan secara alami dalam jus buah membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan gejala pilek dan penyakit, serta mendukung kesehatan kulit normal. Sementara folat atau vitamin B dalam jus jeruk juga membantu mengurangi rasa lelah," sambungnya.

Tidak hanya itu Raxton menuturkan jus jeruk murni juga mengandung polifenol seperti hesperidin. Kandungan tersebut dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah normal, mengurangi peradangan, hingga meningkatkan kesehatan jantung.



Rahasia Panjang Umur Ratu Elizabeth II Hingga 96 Tahun

Rahasia Panjang Umur Ratu Elizabeth II Hingga 96 Tahun


(avk/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat