gtrees.net

Dokter Ungkap Tanda Kanker Usus Besar yang Kerap Kali Diabaikan, Seperti Apa?

woman with colorectal cancer concept on the pink backgorund
Dokter mengungkap gejala kanker usus atau kanker kolorektal yang sering diabaikan. (Foto: Istock)

Jakarta -

Kanker adalah penyakit yang mematikan, terjadi ketika sel-sel abnormal tumbuh dan membelah secara tak terkendali. Ada lebih dari 200 jenis penyakit kanker yang dapat menyerang tubuh, tergantung dari mana asal penyakit tersebut bermula.

Di antara jenis kanker yang paling umum di Inggris adalah kanker usus, yang mencakup sekitar 11 persen dari seluruh diagnosis kanker. Penyakit ini juga memiliki tingkat kematian yang tinggi, menyebabkan sekitar 16.000 kematian setiap tahunnya.

Oleh karena itu, mewaspadai tanda-tanda peringatan kanker usus atau juga dikenal sebagai kanker kolorektal dapat menyelamatkan nyawa.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Charles Evans, konsultan ahli bedah kolorektal di Rumah Sakit Wellington, memperingatkan bahwa ada beberapa tanda utama kanker usus besar yang umumnya kerap diabaikan.

"Beberapa gejala kanker kolorektal yang paling umum sering disalahartikan sebagai kondisi lain, yang dapat menyebabkan pasien menunda pemeriksaan ke dokter umum, atau bahkan diabaikan sama sekali," katanya dikutip dari Daily Express.

Charles membagikan tiga tanda berikut yang perlu diwaspadai. Di antaranya:

  • Perubahan kebiasaan buang air besar
  • Kram, sakit perut, atau kembung
  • Pendarahan rektal saat buang air besar

"Lendir di tinja Anda atau perasaan seolah-olah Anda belum selesai buang air besar sering dikaitkan dengan IBS, itulah sebabnya perubahan terus-menerus dalam seberapa sering Anda pergi ke toilet, seperti mengalami diare, sembelit, atau Perubahan nyata pada tampilan tinja, terkadang dapat membuat orang mengira mereka mengidap kondisi pencernaan seperti IBS," katanya lagi.

Charles mengatakan apabila mengalami perubahan-perubahan tersebut, penting untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit.



Kenali Risiko Kanker Penis pada Pria Dewasa

Kenali Risiko Kanker Penis pada Pria Dewasa


(suc/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat