gtrees.net

5 Makanan Sehat Penuh Khasiat untuk Wanita Usia 50 Tahun ke Atas

soy products with soybean, soymilk and tofu on wooden background
Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/SherSor

Daftar Isi
  • 1. Kacang
  • 2. Salmon
  • 3. Yogurt
  • 4. Buah beri
  • 5. Kedelai
Jakarta -

Ketika wanita memasuki usia 50 tahun, tubuh akan mengalami perubahan yang membuat metabolisme melambat, kadar hormon estrogen menurun, dan kebutuhan nutrisi tertentu meningkat.

Pada usia 50 tahun ke atas, penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Makanan terbaik untuk kelompok usia ini biasanya yang kaya akan nutrisi penting seperti serat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral.

Dengan memilih makanan yang seimbang dan berkualitas, wanita yang berusia 50 tahun ke atas dapat memastikan bahwa mereka mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan untuk menjalani gaya hidup yang sehat dan umur panjang.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikutip dari situs Eat This Not That, berikut makanan terbaik untuk wanita yang berusia 50 tahun ke atas:

1. Kacang

Penelitian menunjukkan bahwa makan kacang bisa membantu seseorang merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak perlu mengonsumsi makanan terlalu banyak.

Kacang juga mengandung nutrisi penting seperti protein nabati, lemak baik untuk jantung, dan serat, yang baik untuk tubuh. Mengonsumsi kacang secara teratur bisa membantu menjaga kesehatan tubuh seiring bertambahnya usia.

ADVERTISEMENT

2. Salmon

Salmon adalah salah satu makanan kaya protein yang sangat baik bagi tubuh. Makanan ini memerlukan lebih banyak energi untuk dicerna dibandingkan dengan makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak, sehingga dapat membantu mencegah penumpukan lemak di perut, terutama pada wanita di usia pertengahan.

Lemak omega-3 yang terdapat dalam salmon juga memberikan manfaat kesehatan yang besar bagi jantung dan otak. Lemak tersebut dapat membantu mengurangi risiko penyumbatan arteri, menurunkan kadar trigliserida dalam darah, serta menurunkan tekanan darah, yang biasanya meningkat pada wanita di usia 50-an.

3. Yogurt

Yogurt mengandung banyak protein yang membantu tubuh membakar lebih banyak kalori dan membuat seseorang akan merasa kenyang lebih lama. Selain dapat mencegah penambahan berat badan saat menua, makan yogurt secara rutin dengan kandungan LAC-nya juga dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan mencegah diabetes tipe 2.

4. Buah beri

Buah beri mengandung berbagai jenis senyawa kuat yang disebut fitonutrien yang membantu mencegah kerusakan sel otak dan meningkatkan komunikasi antar sel, serta cara lain untuk mendukung fungsi otak.

Selain itu, buah beri seperti blueberry juga mengandung vitamin K yang dibutuhkan untuk membentuk protein bernama osteokalsin, yang membantu menjaga kekuatan tulang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan cukup vitamin K, terutama wanita yang sudah tua, cenderung memiliki tulang yang lebih kuat.

5. Kedelai

Kedelai adalah sumber protein lengkap yang merupakan pengganti cocok untuk daging berlemak dan daging olahan. Makanan kedelai mengandung zat bernama fitoestrogen.

Zat ini adalah jenis estrogen yang berasal dari tumbuhan dan memiliki tugas yang hampir sama dengan estrogen yang ada di dalam tubuh manusia.



Simak Video "Soal Warga RI Menua Lebih Cepat dari Jepang, Bappenas: Harus Diantisipasi"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat