gtrees.net

10 Air Rebusan Daun untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Close up woman hands checking blood sugar level by glucose meter for diabetes tester using as medicine, glycemia, healthcare and medical concept.
Ilustrasi kadar gula darah. Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato

Daftar Isi
  • 10 Rebusan Daun untuk Menurunkan Kadar Gula Darah
  • 1. Daun Kelor 2. Daun Kaca Piring 3. Daun Jamblang 4. Brotowali 5. Daun Binahong 6. Daun Kersen 7. Daun Jarak 8. Daun Johar 9. Daun Salam 10. Daun Tin
Jakarta -

Konsumsi air rebusan beberapa jenis daun dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Minum teratur dapat membantu upaya pencegahan sekaligus pengendalian gula darah.

Kadar gula darah harus dijaga dalam kisaran normal 80-120 mg/dL. Jika kadar gula darah terlalu tinggi, risiko mengalami gangguan kardiovaskuler, ginjal, dan saraf ikut meningkat.

10 Rebusan Daun untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Berikut beberapa jenis daun dengan segudang khasiat bagi Kesehatan, termasuk membantu menurunkan gula darah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Daun Kelor

Tanaman kelor atau Moringa oleifera merupakan jenis tanaman herbal yang sudah sejak dulu dijadikan pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit. Mengutip dari laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga, daun kelor mengandung berbagai vitamin dan minerap yang dapat menurunkan kadar gula sekaligus menjaga fungsi insulin.

2. Daun Kaca Piring

Bagian daun dan bunga dari tanaman kaca piring kerap dikonsumsi dengan cara direbus atau diseduh menjadi teh untuk menurunkan kadar gula darah. Hal ini dijelaskan dalam buku Kumpulan Tanaman Obat di Kecamatan Tirtajaya oleh Neni Sri Gunarti, dkk. Daun kaca piring juga diketahui membantu penyembuhan demam, sariawan, sembelit, dan gangguan buang air besar.

ADVERTISEMENT

3. Daun Jamblang

Daun jamblang merupakan tanaman yang termasuk dalam famili myrtaceae atau jambu-jambuan. Daun ini memiliki beragam kandungan senyawa yang bermanfaat untuk mengobati masalah pencernaan, alergi, dan menurunkan gula darah. Daun jamblang dikenal kaya akan antioksidan yang bersifat antiinflamasi dan antivirus.

Cara mengolah daun jamblang sebagai obat alami untuk gula darah cukup mudah. Pertama, cuci bersih 3 lembar daun jamblang dan keringkan tanpa terkena sinar matahari langsung. Setelah kering, rebus daun dengan air hingga mendidih. Tunggu hingga dingin dan rebusan air daun jamblang siap diminum.

4. Brotowali

Bagian yang bisa dimanfaatkan sebagai obat dalam brotowali tak hanya akar, tapi juga daun. Brotowali sendiri sudah banyak dikenal sebagai herbal untuk membantu penanganan penyakit.

Dikutip dari buku The Miracle of Herbs karya dr. Prapti Utami dan Desty Ervira Puspaningtyas S. Gz, Secara umum, brotowali dapat dimanfaatkan sebagai obat memar, penyakit kuning (hepatitis), rematik arthritis, rematik sendi pinggul (sciatica), dan mengendalikan diabetes.

5. Daun Binahong

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa daun binahong atau daun jantung terbukti ampuh dalam menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Berdasarkan penelitian oleh farmakolog Prof. Dr. Sumali Wiryowidagdo, Msi. Apt. dari Pusat Studi Obat Alam Universitas Indonesia, daun binahong mengandung senyawa triterpenoid yang berfungsi menurunkan gula darah dalam tubuh.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Jurusan Farmasi Universitas Islam Indonesia juga menyebutkan bahwa daun binahong memiliki kandungan flavonoid yang berperan menurunkan ula darah serta menangkal radikal bebas penyebab diabetes.

6. Daun Kersen

Menurut buku Buah Bligo (Benincasa hispida) dan Daun Kersen (Muntingia calabura) Sebagai Antidiabetik oleh Retno Dwi N dan Dewi Pertiwi, daun kersen juga berkhasiat untuk menurunkan gula darah tinggi. Pasalnya, daun ini mengandung zat flavonols yang berperan dalam menurunkan kadar gula darah. Dalam daun ini, ditemukan juga senyawa Kuersetin yang berfungsi menjaga kinerja sel pankreas tetap normal sehingga berpengaruh terhadap penurunan gula darah.

7. Daun Jarak

Alternatif tanaman lainnya yang dapat digunakan sebagai penurun gula darah yaitu daun jarak. Berdasarkan penjelasan dari majalah Al-Azhar Edisi 314, rebusan daun jarak dipercaya mampu mencegah peningkatan gula darah pada pengidap diabetes. Daun ini juga membantu kadar gula darah tetap normal dalam tubuh.

8. Daun Johar

Jenis daun selanjutnya yang air rebusannya berkhasiat menurunkan gula arah adalah daun johar. Tanaman dengan nama latin Senna siamea ini bisa tumbuh di berbagai iklim.

Air rebusan daun johar diketahui mengandung senyawa flavonoid, alkaloid, dan antrakinon yang berfungsi menurunkan kadar glukosa darah. Hal ini sebagaimana yang dijelaskan dalam buku Bioaktivitas dan Konstituen Kimia Tanaman Obat Indonesia karya Sri Fatmawati.

9. Daun Salam

Daun salam adalah jenis daun yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam masakan. Selain sebagai bahan masakan, daun salam ternyata juga mempunyai beragam manfaat bagi tubuh, lho.

Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan, daun salam berperan penting dalam mereduksi gula darah, kolesterol, dan trigliserida. Karena itu, daun ini bisa dijadikan alternatif pengendalian diabetes.

10. Daun Tin

Bagian daun tanaman tin (Ficus carica L) dapat dimanfaatkan untuk mengurangi kadar gula darah. Pasalnya, daun tin diketahui memiliki kandungan flavonoid dan Triterpenoid yang berfungsi mengontrol kadar glukosa darah.

Dikutip dari buku Pemanfaatan Air Seduhan Daun Tin Untuk Penurunan Kadar Gula Darah dan Kolesterol Pada Pasien Diabetes Melitus oleh Bahjatun Nadrati, dkk, zat flavonoid juga berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah laju peningkatan gula darah

Itulah dia beberapa jenis daun yang rebusan airnya dapat dijadikan alternatif menurunkan kadar gula darah. Bagi detikers yang berniat minum air rebusan dan konsumsi obat dokter, sebaiknya berkonsultasi lebih dulu untuk hasil maksimal.



Jangan Sembarang! Ini Aturan Konsumsi Obat Herbal Ekstrak untuk Stroke

Jangan Sembarang! Ini Aturan Konsumsi Obat Herbal Ekstrak untuk Stroke


(row/row)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat