gtrees.net

8 Makanan yang Perlu Dihindari bagi Pengidap Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Makanan Junk Food
Ilustrasi makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Foto: iStockphoto

Daftar Isi
  • Makanan yang Perlu Dihindari bagi Pengidap Kolesterol Tinggi
  • 1. Makanan Cepat Saji 2. Gorengan 3. Jeroan 4. Makanan Manis 5. Udang 6. Kuning Telur 7. Daging Olahan 8. Produk Olahan Susu
  • Penyebab Lain Kolesterol Tinggi
Jakarta -

Kolesterol tinggi merupakan kondisi saat kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal. Jika dibiarkan, kolesterol bisa menumpuk di pembuluh darah dan memicu berbagai penyakit berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke.

Sebagai informasi, kolesterol berasal dari dua sumber yakni makanan dan organ hati. Kolesterol sendiri berperan penting dalam menjalankan beberapa fungsi tubuh.

Kolesterol terbagi menjadi dua jenis, yaitu kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL). Keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

LDL bekerja dengan cara menumpuk kolesterol di pembuluh darah sehingga bisa memicu komplikasi serius. Itu sebabnya kolesterol jenis ini kerap disebut kolesterol 'jahat'. Sedangkan HDL bertugas membersihkan dan membuang LDL keluar menuju liver (hati).

Dijelaskan sebelumnya, salah satu sumber kolesterol berasal dari makanan yang dikonsumsi. Nah, ada sejumlah makanan yang dapat meningkatkan kolesterol LDL dan total kolesterol dalam tubuh.

ADVERTISEMENT

Lantas, apa saja makanan yang perlu dihindari bagi pengidap kolesterol tinggi? Simak berikut ini.

Makanan yang Perlu Dihindari bagi Pengidap Kolesterol Tinggi

Ada sejumlah makanan yang wajib dihindari bagi pengidap kolesterol tinggi. Mengutip dari berbagai sumber, berikut daftar makanannya:

1. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau fast food wajib dihindari oleh pengidap kolesterol tinggi. Dilansir WebMD, hal itu karena fast food dimasak lewat proses penggorengan dengan minyak dalam jumlah yang banyak.

Hal tersebut membuat makanan cepat saji mengandung lemak trans yang sangat tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

2. Gorengan

Gorengan memang begitu nikmat, apalagi jika dikonsumsi bersamaan dengan kopi hangat. Namun, kelezatan gorengan dapat memicu kolesterol tinggi, sehingga harus dihindari oleh pengidapnya.

Sebab, gorengan mengandung kalori dan lemak trans yang sangat tinggi. Kedua zat itu dapat meningkatkan kolesterol jahat dan berisiko menyebabkan penyakit berbahaya seperti jantung, obesitas, dan diabetes.

3. Jeroan

Jeroan sapi seperti otak, lidah, hati, hingga babat merupakan salah satu makanan yang dapat memicu kolesterol tinggi. Sebagai contoh, dalam 85 gram hati sapi mengandung sekitar 335 mg kolesterol.

Selain sapi, jeroan ayam juga mengandung kolesterol LDL yang tinggi. Misalnya, dalam 145 gram hati ayam dapat mengandung sekitar 351 mg kolesterol.

4. Makanan Manis

Mengkonsumsi makanan manis memang membuat mood jadi lebih baik. Namun kalau terlalu sering dapat memicu kolesterol tinggi.

Mengutip Cleveland Clinic, makanan manis seperti kue, es krim, dan keik mengandung gula dan kolesterol yang tinggi. Kombinasi antara keduanya dapat dengan mudah memicu penyakit obesitas dan diabetes.

5. Udang

Walau merupakan salah satu bahan makanan yang rendah lemak, tapi ternyata udang termasuk ke dalam makanan yang pantang dikonsumsi untuk pengidap kolesterol tinggi.

Sebab, dalam 113 gram udang mengandung sekitar 170 mg kolesterol. Jumlah tersebut sudah melebihi setengah dari batas asupan kolesterol harian yang hanya 200-300 mg saja.

6. Kuning Telur

Mengkonsumsi kuning telur apalagi dalam kondisi setengah matang tentu menggugah selera. Eits, meski begitu makanan ini merupakan salah satu pemicu kolesterol tinggi.

Di dalam satu kuning telur mengandung sekitar 186 mg kolesterol. Artinya, jika mengkonsumsi dua butir telur dalam sehari sudah melebihi batas asupan kolesterol harian.

7. Daging Olahan

Terlalu sering mengkonsumsi daging olahan seperti sosis atau bacon dapat memicu kadar kolesterol jahat meningkat. Hal ini karena daging olahan mengandung kadar natrium yang tinggi namun rendah nutrisi.

8. Produk Olahan Susu

Beberapa produk olahan susu seperti keju dan yogurt mengandung kadar kolesterol cukup tinggi. Meski begitu, tak semua produk olahan susu mengandung kolesterol yang tinggi, lho.

Misalnya keju jenis cheddar dan swiss yang mengandung kolesterol tinggi. Dalam satu cangkir keju cheddar terdapat sekitar 131 mg kolesterol, sedangkan keju swiss mengandung 123 mg kolesterol pada takaran yang sama.

Sama halnya dengan yogurt. Pengidap kolesterol tinggi sebaiknya tidak mengkonsumsi yogurt penuh lemak atau full-fat yoghurt. Sebab, dalam secangkir full-fat yoghurt mengandung sekitar 31,8 mg kolesterol.

Penyebab Lain Kolesterol Tinggi

Selain mengkonsumsi makanan tidak sehat, ada sejumlah penyebab lain yang dapat memicu kolesterol tinggi. Dilansir laman Kementerian Kesehatan RI, berikut penyebab kolesterol tinggi:

  • Kurang berolahraga dan bergerak
  • Kebiasaan merokok
  • Terlalu banyak mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Obesitas
  • Memiliki penyakit tertentu, seperti hipertensi atau tekanan darah tinggi, diabetes, kelenjar tiroid yang kurang aktif (hipotiroidisme), penyakit liver, dan penyakit ginjal.
  • Pertambahan usia. Saat usia tua, risiko kolesterol tinggi yang memicu atherosclerosis juga semakin besar.

Maka dari itu, sebaiknya mulai menerapkan pola hidup sehat sejak dini. Sebab, kolesterol tinggi tak hanya menyerang usia tua, namun anak muda juga bisa mengalaminya.

Itu dia delapan makanan yang perlu dihindari bagi pengidap kolesterol tinggi. So, jaga kesehatan ya!



Simak Video "Mitos atau Fakta: Banyak Makan Kuning Telur Bikin Kolesterol Naik"
[Gambas:Video 20detik]
(ilf/fds)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat